Apa Tanda Orang Tua Yang Mengalami Depresi ?

header niko 728 x 90

depresi lansia

InspirasiBersama.com – Sering kita melihat orang tua yang kesepian dan ditinggal oleh orang-orang yang dicintai. Kondisi ini kerap menyebabkan seorang orang tua menjadi depresi. Sebagai anggota keluarga kita dituntut untuk tahu apa saja tanda orang tua yang mengalami depresi ?

Depresi pada orang merupakan sebuah masalah mental seseorang yang menyebabkan gangguan pada fisik, nafsu makan, pola tidur dan semangat hidup. Kerap kali orang tua mengalami hal ini yang disebabkan oleh banyak faktor. Mulai dari tidak ada lagi pekerjaan rutin yang bisa dilakukan, kehilangan orang yang dicintai, sendiri, atau disebabkan karena adanya masalah kesehatan fisik.

 

Tanda dan gejala depresi pada orang tua

Sebagai orang yang lebih muda, mendapati para orang tua kita yang mengalami depresi, maka kita harus peka akan tanda dan gejalanya. Yang harus kita lakukan adalah menolong para orang tua agar tidak lebih jauh mengalami depresi yang merugikan bagi kesehatan fisik dan mental.

Berikut tanda dan gejala orang tua yang mengalami depresi :

– Kesedihan
– Kelelahan
– Mereka cenderung malas melakukan kegiatan karena tidak adanya hiburan atau hobi yang bisa dilakukan
– Menarik diri dari kehidupan sosial
– Sering kali orang yang depresi akan mengalami hilang nafsu makan yang berujung pada berat badan yang menurun
– Orang tau akan mengalami kesulitan atau justru terlalu banyak waktu tidur
– Menjadi orang tua yang mempunyai harga diri yang rendah, merasa tidak berharga dan benci terhadap diri sendiri
– Kerap kali orang tua yang depresi akan banyak mengkonsumsi alkohol dan berbagai obat-obatan
– Pada depresi yang berat, bisa membuat orang tua sampai pada tindakan bunuh diri

Baca Juga  Dampak Buruk Donor Sperma Ada 36 Anak Yang Lahir Dari Ayah Sakit Jiwa

Baca Juga : Manfaat Banyak Sedekah dan Bersyukur Mampu Redakan Depresi

 

Depresi tanpa kesedihan

Mungkin selama ini anggapan kita tentang depresi erat kaitannya dengan kesedihan yang mendalam. Memang benar, namun banyak orang tua yang mengalami depresi mengaku tidak dalam kondisi yang sedih. Namun biasanya mereka akan mengeluhkan akan energi yang menurun, motivasi hidup yang rendah, mengalami gangguan kesehatan seperti arthritis yang semakin memburuk.

Jarang saat kita menyakan kepada para orang tua yang terindikasi depresi mengeluh sedih. Namun sebagai orang yang lebih muda, kita harus lebih pintar untuk mengenali gejala dan tanda orang tua yang tergolong mengalami depresi yang berat :

– Terasa nyeri pada tubuh namun tidak jelas sebabnya
– Merasa tidak berdaya dan mudah untuk putus asa
– Sering kali merasa mudah cemas dan khawatir
– Terdapat gangguan fungsi memori
– Tidak adanya motivasi serta energi yang tampak rendah
– Mudah sekali ngomel, banyak omong dan saat beraktivitas sangat lambat
– Mudah sekali untuk marah
– Tidak ada hasrat untuk bersosialisasi dengan orang lain
– Sering juga orang tua lupa akan makan, mengabaikan minum obat dan perawatan tubuh seperti mandi

 

Mengatasi depresi pada orang tua

Hal dasar yang harus kita ketahui adalah depresi merupakan sebuah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja, tua, muda, latar belakang pendidikan, status ekonomi maupun yang lainnya. Pada intinya semua orang bisa beresiko mengalami depresi.

Baca Juga  Kebiasaan Pagi Hari Yang Bisa Membuat Kita Langsing

Menurunnya pengetahuan para orang muda tentang bagaimana cara menangani orang tua yang depresi juga kerap menjadi masalah yang membuat kondisi depresi orang tua semakin memburuk. Para orang muda biasanya mempunyai anggapan bahwa orang tua sudah tidak boleh lagi banyak melakukan aktivitas yang nantinya malah membuat kondisi kesehatan yang buruk bagi orang tua. Anggapan seperti ini adalah salah.

Menurut para ahli, dengan semakin kita melarang para orang tua untuk tidak banyak melakukan aktivitas fisik dan bersosialiasi dengan orang lain, maka akan semakin membuat orang tua jatuh pada kondisi depresi yang tergolong berat.

Untuk itu sebagai orang yang muda, jangan larang para orang tua untuk banyak beraktivitas. Dorong pula orang tua untuk tetap bisa bersosialisasi dengan orang lain agar tidak mudah mengalami depresi.

Berikut beberapa hal yang harus kita dorong dilakukan olah para orang tua :

1. Olahraga.  Tidak kita pungkiri bahwa kegiatan olahraga atau aktivitas fisik akan mampu membuat seseorang termasuk orang tua mempunyai suasana hati yang lebih senang. Namun yang perlu diperhatikan jenis olahraga yang sesuai bagi para orang tua dan tidak menyiksa.

2. Berhubungan dengan orang lain, bertemu langsung bila memungkinkan.  Banyak melakukan sosialisasi bagi orang tua sangat penting untuk mendapatkan dukungan dari orang lain agar terhindar dari depresi. Dukung para orang tua untuk tetap berhubungan dengan orang sekitar anda.

Baca Juga  Banyak Orang Yang Tak Tahu Tentang Penyakit Lupus

3. Tidur yang cukup. Sarankan kepada para orang tua untuk melakukan tidur pada malam hari yang cukup agar memberikan dampak pikiran yang lebih fresh saat bangun dari tidur.

4. Mempertahankan pola makan yang sehat. Selalu dorong orang tua untuk mengkonsumsi makanan sehat. Hindari konsumsi makanan yang banyak mengandung gula dan junk food yang bisa berbahaya bagi kesehatan orang tua.

5. Jadi sukarelawan. Dukung orang tua untuk menjadi sukarelawan dengan cara mudah memberikan bantuan kepada orang lain. Dengan demikian akan membuat kehidupan sosial akan lebih baik.

6. Belajar keterampilan baru. Saat ada orang tua yang tetap sibuk dengan kegiatan ketrampilan barunya, maka biarkan saja dan berikan dukungan untuk tetap bisa berkarya dan bermanfaat bagi orang lain.

7. Selalu bercanda dan tertawa. Berikan suasana keluarga yang humoris sehingga membuat hati orang tua menjadi lebih gembira. Misalnya dengan ajak orang tua untuk lihat acara komedi di TV atau bercerita lucu tentang kejadian yang dialami.

Artikel Terkait : Bisakah Depresi Menurun Kepada Anak Perempuan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *