Apa Saja Yang disarankan Setelah Melakukan Olahraga

header niko 728 x 90

peregangan setelah olahraga

InspirasiBersama.com – Olahraga memang memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita. Sangat disarankan untuk rutin melakukan olahraga untuk mencegah berbagai macam penyakit. Namun sayangnya kita tidak pernah tahu apa yang sebaiknya dilakukan setelah melakukan olahraga ?

Kebanyakan dari kita hanya tahu kalau melakukan olahraga sangat bagus bagi kesehatan. Padahal melakukan beberapa hal yang disarankan setelah melakukan olahraga mempunyai manfaat yang tidak kalah besar dengan kegiatan olahraga itu sendiri. Oleh karena itu sangat penting mengetahui beberapa hal yang disarankan setelah melakukan olahraga.

Baca Juga : Apa Saja Yang dilarang Dilakukan Sebelum Olahraga

Lakukan peregangan pada 10 menit pertama
Hal pertama yang sangat disarankan oleh para ahli setelah kita melakukan olahraga adalah melakukan suatu peregangan otot. Hal ini disebabkan karena selama berolahraga, otot-otot tubuh akan banyak bergerak dan bisa dikatakan sedang panas. Untuk itu setelah melakukan olahraga disarankan untuk meregangkan kembali otot yang panas setidaknya selama 10 menit.

Baca Juga  Ini Dia Makanan Yang Menyebabkan Anak Kita Obesitas

Melakukan peregangan sekitar 10 menit setelah melakukan olahraga juga sangat bagus guna mencegah terjadinya cidera pada otot yang lama kita gunakan untuk berolahraga.

Setelah 20 menit berlalu, ganti pakaian anda
Kebiasaan kurang baik yang sering kali dilakukan oleh banyak orang yang berolahraga adalah tidak melakukan mandi atau ganti baju. Sangat disarankan jika setelah melakukan olahraga, setidaknya 20 menit kemudian kita melakukan mandi dan ganti baju termasuk pakaian dalam kita.

Mengapa disarankan demikian ? Hal ini disebabkan karena baju yang penuh dengan keringat saat berolahraga akan sangat mudah menjadi sarang bakteri dan jamur karena basah atau lembab. Kalau kondisi ini masih saja kita pakai, maka akan menyebabkan kulit kita terinfeksi bakteri atau jamur yang berakibat gatal-gatal.

Baca Juga  Waspada Akan Tanda-tanda Demensia

Setelah melakukan mandi dan ganti baju, isi perut anda

 

Setelah kita melakukan peregangan otot selama kurang lebih 10 menit, kemudian kita disarankan untuk mandi dan ganti baju. Yang terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan makan atau isi perut setidaknya 30 menit setelah melakukan olahraga.

Dengan melakukan makan, maka akan mengurangi resiko kelemahan akibat kehabisan energi, mencegah terjadinya nyeri otot dan sendi, dan bisa menjadi sebuah bahan bakar bagi tubuh kita untuk bisa kembali bertenaga.

Yang harus kita perhatikan dalam melakukan makan setelah berolahraga adalah jumlah kalorinya. Kalau kita melakukan olahraga dengan harapan menurunkan berat badan, maka sebaiknya kita hanya mengkonsumsi sebanyak 200 kalori saja. Untuk perbandingannya adalah 1:1 untuk karbohidrat dan protein. Namun jika anda ingin mempertahankan berat badan yang saat ini, maka disarankan untuk mengkonsumsi kalori sebanyak 300 sampai 400 dengan rasio perbandingan 3:1 untuk karbohidrat dan nasi.

Baca Juga  Ada Loh Makanan Yang Bisa Membuat Perut Kita Rata Secara Alami

Itulah beberapa hal yang disarankan untuk dilakukan setelah berolahraga. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait : Bahayakah Olahraga Secara Berlebihan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *