Apa Saja Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

manfaat kedelai

InspirasiBersama.com – Kedelai merupakan jenis kacang-kacangan yang mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan kedelai banyak mengandung protein. Bagi orang Indonesia jenis tumbuhan kedelai sangat mudah untuk kita jumpai. Bukan hanya itu saja, kedelai juga merupakan jenis makanan yang murah sehingga sangat terjangkau bagi kebanyakan masyarakat Indonesia. Pengen tahu apa saja manfaat konsumsi kedelai bagi kesehatan ?

Berikut beberapa manafat kedelai bagi kesehatan :

1. Kaya protein

Tahukah kita bahwa kedelai merupakan salah satu golongan kacang-kacangan yang kaya akan kandungan protein. Kita semua tahu bahwa protein memiliki peranan yang sangat vital terhadap kesehatan tubuh. Selain itu kedelai juga mengandung banyak asam amino esensial yang bermanfaat bagi tubuh.

Baca Juga  Efek Buruk Wanita Yang Terkucilkan Dari Kelompok Bisa Memicu Stres

2. Baik untuk kesehatan jantung

Manfaat kedua dari kedelai adalah sangat bagus bagi kesehatan jantung kita. Dengan konsumsi kedelai, maka kita memiliki asupan lemak baik atau lemak tak jenuh ganda sehingga sangat bermanfaat. Selain itu kedelai juga tidak mengandung kolesterol, justru dengan konsumsi kedelai mampu menurunkan kadar kolesterol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tekanan darah dan jantung kita.

3. Baik untuk pencernaan dan mencegah kanker usus besar

Apabila anda sering mengalami masalah pada pencernaan maka kedelai bisa menjadi alternatif yang tepat untuk mengatasi masalah pencernaan. Ada banyak penyakit pencernaan yang bisa dicegah dengan rutin konsumsi kadelai yaitu sembelit, kanker pada usus, wasir dan penyakit divertikuler.

Baca Juga  Cara Mudah Meredakan Stres Dengan Duduk Santai di Bawah Pohon

4. Kaya akan isoflavon

Kebanyakan orang menganggap kedelai hanya banyak mengandung protein saja, padahal kedelai juga kaya akan kandungan isoflavon. Kandungan isoflavon dan kalsium yang tinggi pada kedelai mampu mencegah kita terhadap gejala menopause serta meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang kita.

5. Mencegah ketulian

Manfaat kedelai bagi kesehatan yang terakhir adalah mampu mencegah ketulian. Hal ini dikarenakan dalam kedelai banyak mengandung zat besi dan zink. Kita tahu bahwa zat besi dan zink mampu membuat sel darah merah kita menjadi lebih lembut, membuat kapiler darah menjadi lebih luas, serta membuat pasokan darah ke telinga lebih lancar. Dengan demikian kedelai bisa mencegah terhadap ketulian.

Baca Juga  Tips Mudah Mengatasi Sering Lupa Dengan Rajin Berolahraga

Sumber : intisari-online.com

Artikel Terkait : Lebih Bagus Mana Antara Tahu dan Tempe Bagi Kesehatan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *