Apa Saja Manfaat Kesehatan Tidur Miring ke Kiri ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin anda termasuk orang yang penasaran tentang apa manfaat kesehatan jika kita tidur dalam posisi miring ke kiri. Dalam hal tidur, ternyata bukan hanya penting memperhatikan durasi yang cukup, tetapi posisi tidur yang tepat juga akan berpengaruh untuk kesehatan yang optimal.

Sebenarnya kebiasaan tidur dengan miring ke kiri bukan hal baru. Dalam sebuah teori yang berasal dari Ayurveda yang menjadi pedoman masyarakat India pada jaman dahulu sudah menerapkan pola tidur yang seperti ini.

sumber gambart : arbamedia.com

Berdasarkan lansiran Life Hack menyebutkan bahwa ada enam manfaat kesehatan jika kita membiasakan tidur dalam posisi miring ke kiri, diantaranya :

1. Memperkuat sistem limfatik

Manfaat pertama tidur dalam posisi miring ke kiri adalah sangat bagus untuk kesehatan sistem limfatik. Tidur dalam posisi miring ke kiri akan memudahkan tubuh untuk melakukan proses penyaringan getah bening serta mampu membuang kotoran yang dikeluarkan bersama kelenjar getah bening.

Baca Juga  Apakah Benar Jus Jambu Bisa Meningkatkan Trombosit Yang Turun ?

2. Memperbaiki pencernaan

Manfaat kedua adalah sangat baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini disebabkan karena tidur dalam posisi miring ke kiri akan membuat kondisi yang selaras dengan gaya grativitasi. Kondisi ini akan membuat proses berpindahnya makanan dari usus besar ke usus desendens akan berjalan lebih lancar. Dengan begitu akan bisa melancarkan buang air besar.

Selain itu tidur dalam kondisi miring ke kiri akan membuat kondisi lambung dan pankreas berada dalam kondisi menggantung secara alami. Hal ini disebabkan karena lambung berada di posisi kiri bagian perut sehingga membuat produksi enzim pankreas berjalan dengan baik.

3. Bagus untuk jantung

Manfaat ketiga tidur dalam kondisi miring ke kiri adalah sangat bagus untuk kesehatan jantung. Kebiasaan ini sangat dianjurkan bagi wanita yang sedang hamil agar sirkulasi jantung berjalan dengan baik. Dengan tidur miring ke kiri, maka akan menurunkan tekanan pada jantung sehingga kinerja jantung menjadi tidak berat.

Baca Juga  Pengen Tahu Mengapa Anak Penting Diberikan Vaksin Polio ?

4. Baik untuk wanita hamil

Bagi seorang wanita yang sedang hamil, melakukan tidur dalam posisi miring ke kiri sangat bagus untuk kesehatan. Hal ini akan meringankan tekanan pada daerah punggung serta berdampak pada aliran darah ke berbagai organ penting seperti rahim, janin dan ginjal menjadi lebih lancar. Oleh karena itu tak heran jika dokter akan menyarankan wanita hamil untuk tidur dalam posisi miring ke kiri.

5. Mengurangi rasa mulas

Bagi anda yang sering kali merasakan gejala mulas dan refluks asam lambung, maka sangat disarankan untuk lebih sering tidur miring ke kiri. Hal ini erat kaitannya dengan posisi lambung manusia yang berada pada bagian kiri perut. Bagi anda yang juga mengalami heart burn pasca makan, maka disarankan untuk miring ke sebelah kiri kurang lebih selama 10 menit.

Baca Juga  Manfaat Besar Melakukan Meditasi Bagi Kesehatan

6. Meringankan sakit punggung

Manfaat terakhir jika tidur dalam kondisi miring ke kiri adalah bisa meringankan sakit punggung. Bagi anda yang kerap dilanda rasa nyeri pada bagian punggung, cobalah untuk lebih sering tidur dalam posisi miring ke kiri.

Catatan

Meskipun tidur miring memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun bagi mereka yang telah menderita jenis penyakit jantung, glaukoma, sleep apnea dan sindrom karpal tunnel tidak akan memberikan manfaat yang lebih jika melakukan tidur miring.

Artikel Terkait : Dampak Buruk Wanita Hamil Tidur Terlentang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *