Apa Saja Manfaat Brokoli Selain Melancarkan Pencernaan dan Mencegah Kanker ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saya rasa hampir kebanyakan orang Indonesia mengenal sayuran yang satu ini. Sayuran ini menjadi sangat terkenal karena salah satu jenis sayuran yang paling bergizi. Dengan kandungan gizi yang super lengkap, maka banyak orang menyebutnya dengan superfood.

Ada banyak sekali kandungan nutrisi pada sayuran brokoli mulai dari serat dan berbagai macam vitamin seperti A, B, K, C dan juga kaya kandungan zat besi.

sumber gambar : http://www.solusisehatku.com

Bukan hanya itu saja, brokoli juga dikenal bisa membantu dalam proses penyembuhan penyakit salah satunya osteoarthritis. Selain itu brokoli juga dikenal banyak orang sebagai salah satu jenis sayuran yang bisa bermanfaat dalam melawan kanker.

Berikut kami sajikan beberapa manfaat brokoli dalam melawan berbagai jenis penyakit :

1. Brokoli memperlambat osteoarthritis.

Manfaat pertama brokoli adalah bisa memperlambat osteoarthritis. Hal ini dibuktikan dalam sebuah hasil studi yang dilakukan University of East Anglia (UEA) yang berada di Inggris menyebutkan bahwa dalam sayuran brokoli ternyata banyak mengandung senyawa sulforaphane.

Baca Juga  Ada 4 Hal Yang Tidak disarankan Dilakukan Sebelum Tidur Karena Mengurangi Rasa Nyenyak

Setelah dilakukan uji laboratorium, diketahui bahwa senyawa ini bisa bermanfaat untuk memperlambat osteoarthritis.

Peran dari sulforaphani ini bisa bermanfaat sebagai senyawa anti-inflamasi sekaligus memperlambat tulang rawan sendi dalam rangka melakukan dekompensasi.

2. Brokoli membantu mencegah kanker.

Manfaat kedua dari brokoli adalah bisa mencegah kanker. Hal ini sesuai dengan tulisan Keri Glassman, RD, CDN yang ditulis dalam sebuah duku yang bernama The O2 diet.

Ada banyak jenis kanker yang bisa dicegah oleh brokoli sebagai contoh kanker payudara, kanker usus besar, kanker kandung kemih dan kanker ovarium.

Diketahui bahwa dalam brokoli mengandung phytochemical, isothiocyanate dan indoles. Dalam sebuah hasil studi yang lain menyebutkan bahwa kandungan indoles dalam brokoli bisa bermanfaat untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara dan prostat.

Baca Juga : Suka Makan Buah Bisa Mencegah Terhadap Kanker Payudara

3. Brokoli membantu menjaga sistem saraf yang sehat dan menyeimbangkan efek sodium pada tekanan darah.

Baca Juga  Ada 3 Jenis Makanan Yang Bila Dipanaskan Kembali Bisa Menjadi Racun

Dengan kandungan kalium yang tinggi pada brokoli, maka membuatnya sangat bagus untuk kesehatan saraf serta membuat tekanan darah menjadi stabil.

4. Brokoli dapat membantu mencegah penyakit kardiovaskular.

Manfaat ke empat dari sayuran brokoli adalah bisa mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler. Hal ini disebabkan karena brokoli kaya akan kandungan vitamin B6 dan folat. Dengan begitu bisa melindungi terhadap resiko sakit jantung dan stroke.

5. Brokoli memperbaiki pencernaan.

Kondisi ini bisa terjadi dikarenakan brokoli kaya akan kandungan serat yang sangat bagus bagi kesehatan pencernaan kita dan bisa mencegah terjadinya sembelit.

6. Brokoli membantu melawan kehilangan penglihatan dan memperbaiki kerusakan kulit.

Tahukah kita bahwa brokoli juga sangat bagus bagi kesehatan mata dan bisa memperbaiki kulit yang rusak. Hal ini disebabkan karena brokoli mengandung lutein yang sangat bagus bagi kesehatan mata kita.

Selain itu brokoli juga diketahui mengandung banyak vitamin A yang juga sangat bagus bagi kesehatan mata.

Baca Juga  Diabetes Bisa Membuat Rangsangan Seksual Menurun

Kandungan glucoraphanin pada brokoli ternyata mempunyai manfaat yang besar bagi kesehatan kulit yaitu bisa memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan karena efek paparan sinar matahari dan proses penuaan.

7. Brokoli meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat yang terakhir dari sayuran superfood ini adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini disebabkan karena brokoli juga kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi.

Bukan hanya itu saja, bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa kandungan fitonutrien dan fitokimia pada brokoli bisa bermanfaat dalam detoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh sehingga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Artikel Terkait :Makanan Apa Saja Yang Kaya Akan Antioksidan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *