Apa Saja Kesalahan Memasak Yang Memicu Peningkatan Berat Badan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memasak sendiri makanan yang kita konsumsi memang lebih sehat dibandingkan dengan kita membeli di luar. Namun mengapa berat badan anda terus saja mengalami peningkatan ?.

Secara ilmiah yang dibuktikan dalam sebuah penelitian menyebutkan kalau banyak manfaat saat kita memasak sendiri makanan di rumah, diantaranya mengurangi resiko lemak, gula dan karbohidrat. Hal ini berbeda saat kita selalu membeli makan di warung atau restauran.

sumber gambar : techinasia.com

Meskipun memasak sendiri identik lebih sehat, namun para pakar kesehatan mengatakan bahwa penyebab berat badan anda tetap naik bisa disebabkan karena melakukan beberapa kesalahan saat memasak yang bisa memicu peningkatan berat badan.

Berikut beberapa kesalahan dalam memasak yang bisa memicu peningkatan berat badan :

Kesalahan # 1: Menggunakan terlalu banyak minyak

Tak dipungkiri bahwa masih banyak wanita yang tak menyadari kalau memasak di rumah dengan menggunakan minyak goreng terlalu banyak bisa menyebabkan resiko tumpukan lemak dalam tubuh.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

Baca Juga : Hubungan Penyakit Jantung Dengan Penggunaan Minyak Goreng

Bukan hanya itu saja, kalau kita mengganti dengan menggunakan minyak zaitun ternyata juga banyak mengandung kalori. Dalam satu sendok minyak zaitun, ternyata mengandung kalori yang cukup banyak sekitar 120 kalori.

Solusinya adalah tetap disarankan menggunakan minyak zaitun yang lebih sehat, namun anda juga harus membatasi penggunaannya sekitar 80 kalori saja, jangan sampai terlalu banyak.

Kesalahan # 2: Mencontoh resep 100%

Melihat sebuah acara memasak di TV memang sangat menyenangkan sekaligus menggugah selera untuk mempraktekkan di rumah. Ternyata kebiasaan suka mencontek resep secara 100 persen dampaknya kurang bagus karena belum tentu sesuai dengan ukuran pinggang kita.

Baca Juga  Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Banyaknya Uang

Hal ini sudah dibuktikan dalam sebuah hasil studi yang menyebutkan kalau wanita yang suka mencontoh resep secara 100 persen, maka meningkatkan resiko kenaikan BMI yang menyebabkan peningkatan berat badan.

Kesalahan # 3: Mengabaikan rak bumbu

Banyak kalangan ibu-ibu yang tidak suka melakukan eksprerimen dengan menggunakan berbagai macam bumbu yang terdapat di rak bumbu. Padahal kita tahu bahwa berbagai jenis rempah-rempah atau bumbu masakan banyak terkandung zat alami yang sangat bagus bagi kesehatan misalnya antioksidan.

Jadi sangat disarankan untuk lebih kreatif dalam memasak dengan melibatkan berbagai kombinasi bumbu dapur untuk mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan dan mampu mencegah berbagai macam penyakit.

Kesalahan # 4: Mencicipi bahan-bahan masakan

Kesalahan dalam memasak terakhir yang bisa memicu peningkatan berat badan adalah sering mencicipi saat memasak. Menicicipi sebuah masakan memang diperlukan untuk mendapatkan rasa yang pas, namun jika dilakukan terlalu sering justru bisa meningkatkan resiko peningkatan berat badan.

Baca Juga  Olahraga Menjadi Kunci Awet Muda

Bagaimana cara menekan keinginan untuk sering mencicipi makanan saat memasak ?. ternyata caranya cukup mudah yaitu menyiapkan irisan mentimun atau selada saat memasak. Jika ingin terus mencicipi makanan yang sedang anda masak, maka redakan dengan makan irisan mentimun atau selada tadi.

Artikel Terkait : Tips Memasak Agar Kandungan Gizi Tetap Optimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *