Apa Saja Kandungan Zat Gizi Pada Minyak Zaitun ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Siapa yang tak kenal dengan minyak zaitun. Mungkin anda juga penasaran apa saja kandungan zat gizi yang terdapat pada minyak zaitun sehingga membuat minyak ini menjadi tersohor. Apakah benar mengkonsumsi minyak zaitun sangat baik untuk mencegah penyakit jantung ?

 

Banyak orang juga mengenal minyak zaitun ini sebagai bahan untuk memasak. Lantas apakah jika digunakan memasak juga bermanfaat bagi kesehatan ?.

Mari kita membahasnya satu persatu. Minyak zaitun merupakan jenis minyak yang dihasilkan oleh tumbuhan yang bernama pohon olive yang banyak tumbuh di daerah Mediterania. Oleh karena ini minyak zaitun juga dikenal dengan sebutan olive oil.

khasiat-minyak-zaitun-3

sumber gambar : manfaatminyakzaitun.com

Ternyata minyak tumbuhan ini kaya akan manfaat bagi kesehatan manusia. Adapun banyak kandungan zat gizi yang terkandung dalam minyak zaitun adalah golongan lemak yang terdiri dari omega 9, lemak jenus, omega 6, omega 3, jenis vitamin E, vitamin K, zat besi dan phenolic.

Baca Juga  Benarkah Tekanan Darah Ibu Bisa Menentukan Jenis Kelamin Bayi ?

Dengan kandungan yang terbilang cukup lengkap tersebut membuat minyak zaitun kaya akan manfaat bagi kesehatan, diantaranya :

Manfaat pertama mengkonsumsi minyak zaitun bagi kesehatan adalah bisa mencegah terhadap penyakit kanker payudara dan kanker kulit. Hal ini disebabkan karena minyak zaitun mengandung phenolic dan vitamin E yang bisa bersifat antioksidan dalam tubuh kita.

Baca Juga  Dampak Sering Konsumsi Makanan Berlemak Bisa Menyebabkan Kecanduan

 Manfaat yang kedua dari minyak zaitun ini adalah bisa mencegah kita terhadap penyakit diabetes tipe II dan penyakit Alzheimer.

Dengan kandungan lemak sehat yang tinggi pada minyak zaitun membuat banyak manfaat terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah. Bukan hanya itu bisa juga menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL). Dengan begitu mengkonsumsi minyak zaitun bisa mencegah penyakit jantung dan stroke.

Baca Juga : Makanan Berlemak Yang Tidak Menyebabkan Gemuk

Manfaat ketiga mengkonsumsi minyak zaitun adalah bisa mencegah terjadinya osteoporosis pada tulang.

Bagi anda yang tergolong mudah untuk stres, maka mengkonsumsi minyak zaitun sangat baik karena bisa mencegah kita mengalami stres.

Baca Juga  Benarkah Olahraga Secara Berlebihan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Jantung ?

Untuk mendapatkan khasiat yang super lengkap dari minyak zaitun ini, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsinya tidak melalui proses pemanasan. Lebih anda mengkonsumsinya dicampurkan dengan makanan atau sayuran yang sudah siap untuk disajikan.

Artikel Terkait : Hubungan Penyakit Jantung Dengan Penggunaan Minyak Goreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *