Apa Saja Kandungan dan Manfaat Luar Biasa Dari ASI

header niko 728 x 90

manfaat asi

InspirasiBersama.com – Tidak dapat dipungkiri bahwa ASI menjadi nutrisi yang sangat baik yang dibutuhkan oleh seorang bayi. Bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif akan berdampak besar pada kesehatan secara keseluruhan. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

Berikut beberapa kandungan dan manfaat luar biasa ASI yang tak tergantikan bagi seorang bayi :

1. Air
Kandungan pertama ASI adalah air. Bahkan komposisi airnya mencapai 87,5 persen. hal ini menunjukkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI secara eksklusif sampai usia enam bulan tidak memerlukan air lagi. Kebutuhan air bayi sudah tercukupi dari kandungan ASI yang kaya akan air.

2. Kolostrum
Kandungan kedua ASI yang mempunyai manfaat luar biasa adalah kolostrum. Kolostrum merupakan cairan berwarna kekuningan yang keluar pertama kali lewat payudara ibu setelah melahirkan. Seorang bayi yang baru lahir sangat membutuhkan kolostrum ini karena mengandung immunoglobulin A yang sangat tinggi yang sangat penting bagi kekebalan tubuh bayi. Biasanya kolostrum akan keluar pada saat 1-5 haru setelah melahirkan.

Baca Juga  Beberapa Fakta Tentang Pusar Yang Banyak Orang Tak Tahu

3. Karbohidrat
Kandungan ketiga dari ASI adalah karbohidrat yang berasal dari laktosa. Kandungan inilah yang berperan sebagai sumber energi bayi sekaligus nutrisi bagi otak.

4. Protein
Ternyata ASI juga tinggi kandungan protein yang terdiri dari whet dan kasein. Pada ASI  memiliki kandungan whey yang sangat tinggi dibandingkan dengan susu formula. Olah karena itu ASI menjadi nutrisi terbaik bagi bayi.

Disamping itu ASI juga mengandung asam amino yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Selain itu juga mengandung nukleotida yang sangat bagus bagi kesehatan pencernaan bayi.

Baca Juga  Mengapa Saat Ejakulasi Tidak Mengeluarkan Sperma ?

5. Lemak
Di dalam ASI terkandung lemak yang sangat bagus bagi kesehatan bayi. Beberapa lemak bagus yang sangat penting bagi kesehatan otak adalah omega 3 dan omega 6. Bukan hanya itu saja, ASI juga kaya akan kandungan DHA dan ARA yang sangat bagus bagi perkembangan otak bayi. Selain itu terdapat kandungan asam lemak jenuh dan tak jenuh yang jumlahnya seimbang.

6. Karnitin
Untuk meningkatkan metabolisme tubuh bayi, ASI dilengkapi dengan kartinin. Kandungan kartinin pada ASI sangat penting bagi kinerja metabolisme tubuh bayi.

7. Vitamin dan mineral
Kandungan terakhir dari ASI adalah vitamin dan mineral. Ada banyak kandungan vitamin dalam ASI diantaranya E yang bagus untuk ketahanan sel, vitamin A yang sangat penting dalam imunitas tubuh bayi.

Baca Juga  Tidur Dalam Posisi Ini Mampu Membantu Mengatasi Nyeri Saat Haid

Selain itu Asi juga mengandung vitamin B dan C dan asam folat yang sangat peranannya bagi perkembangan otak dan daya tahan tubuh.

Beberapa contoh mineral yang terkandung dalam ASI adalah kalsium dan zinc yang sangat berperan dalam pertumbuhan tulang dan otot serta berperan dalam metabolisme tubuh.

Artikel Terkait : Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *