Apa Saja Faktor Yang Mempengaruhi Tinggi Badan Seseorang ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Memiliki tinggi badan yang ideal menjadi keinginan setiap orang. Dengan tinggi badan yang ideal banyak orang mengaku lebih percaya diri. Sebaliknya memiliki tinggi badan yang kurang ideal kerap kali membuat orang kurang percaya diri. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi badan seseorang.

 

Menurut seorang ahli bedah tulang yang bernama Dr. Andito Wibisono Sp.OT, FICS mengatakan kalau faktor pertama yang mempengaruhi tinggi badan seseorang adalah genetik. Ini artinya kalau kita mempunyai orang tua yang tergolong tinggi, maka besar kemungkinan kita juga akan mempunyai postur tubuh yang tinggi.

tinggi-badan-seseorang

sumber gambar : www.gelaskosong.com

Lantas mengapa ada juga seorang anak yang ternyata tinggi badannya melebihi orang tuanya ? Hal ini bisa disebabkan karena seorang anak membawa gen yang berasal dari kakek dan neneknya. Bisa saja disebabkan karena nenek dan kakek mereka mempunyai genetik postur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan dengan orang tua mereka.

Baca Juga  Ini Yang Terjadi Akibat Kurang Tidur

 

Sebenarnya jika kita berbicara tentang tinggi badan seseorang, maka tidak akan lepas dengan lempeng epiphyseal yang banyak terdapat pada ujung dari tulang belakang kita. Bagian tubuh inilah yang sangat dominan untuk menentukan tinggi badan seseorang. Untuk membuat lempengan ini berfungsi dengan baik, maka perlu ditunjang dengan hormon yang cukup.

 

Bagaimana cara agar produksi hormon yang berhubungan dengan tinggi badan bisa tercukupi ? Jawabnya adalah dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi. Jenis makanan yang kita konsumsi sangat mempengaruhi tinggi badan seseorang selain faktor genetik.

Baca Juga : Benarkah Anak Yang Tergolong Tinggi Cenderung Lebih Cerdas ?

 

Apa buktinya jika makanan sangat berperan penting bagi tinggi badan seseorang ? Dulu orang Jepang terkenal dengan orangnya yang pendek atau banyak orang bilang kate. Namun coba sekarang perhatikan tinggi badan rata-rata orang Jepang, mereka sudah lebih tinggi dari orang Indonesia yang disebabkan karena pola makan orang Jepang suka akan protein yang berasal dari laut yang sangat bagus untuk menunjang pertumbuhan tulang mereka.

Baca Juga  Makan Setelah Jam 6 Sore Bikin Gemuk ? Benarkah Demikian ?

 

Apakah kita harus mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium ? Kalsium memang menjadi salah satu peranan yang penting untuk menunjang pertumbuhan tulang seseorang. Namun tidak cukup itu saja, anda harus mengkonsumsi makanan yang seimbang dengan nutrisi yang beragam.

 

Setelah anda bisa memaksimalkan dalam hal mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, selanjutnya adalah bisa kita maksimalkan dengan banyak melakukan olahraga yang bisa menunjang tinggi badan. Adapun beberapa jenis olahraga yang bermanfaat untuk tinggi badan adalah berenang, basket dan jenis aerobik.

Baca Juga  Bebaskan Tempat Tidur Anda Dari Benda Berikut Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

 

Kombinasi mulai dari mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi dan rajin berolahraga akan lebih maksimal lagi jika dilakukan pada usia pertumbuhan. Oleh karena itu bagi anda yang ingin memiliki tinggi badan yang ideal, maka sangat disarankan untuk memaksimalkan beberapa hal tadi saat masa pertumbuhan.

 

Yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan istirahat yang cukup. Tidak disarankan untuk sering melakukan begadang yang membuat waktu tidur kita menjadi berkurang. Saat tubuh kita kurang istirahat, maka proses pertumbuhan tidak bisa berjalan dengan optimal.

Artikel Terkait : Benarkah Tinggi Badan Bisa Mempengaruhi Penyebab Kematian Seseorang 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *