Apa Saja Fakta Tentang Cuka Apel ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Mungkin anda saat ini sudah mendengar tentang cuka sari apel yang bisa bermanfaat dalam menurunkan berat badan. Cukup dengan rutin minum teh cuka sari apel sebanyak satu sampai dua sendok, maka efeknya bisa menurunkan berat badan. Sebelum anda meyakini hal tersebut, sebaiknya mengetahui terlebih dahulu fakta tentang cuka apel.

Banyak sekali informasi yang beredar tentang cuka sari apel ini. Apakah hal tersebut memang nyata ataukah hanya sebuah mitos saja ? Berikut beberapa fakta tentang cuka apel yang wajib anda ketahui :

sumber gambar : http://cukaapel.org/

1. Minum cuka sari apel tak terbukti bisa menurunkan berat badan

Mungkin anda saat ini orang yang meyakini bahwa cuka sari apel bisa menurunkan berat badan. Ternyata faktanya cuka apel tidak menyebabkan penurunan berat badan anda. Hal ini diungkapkan oleh pakar kesehatan berat badan yang bernama Scott kahan M.D, M.P.H

Baca Juga  Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga ?

Menurutnya secara ilmiah tidak ada data yang menunjukkan kalau orang yang minum cuka sari apel bisa menurunkan berat badan. Banyak orang yang tidak berpedoman dengan data yang akurat.

Bahkan menurut salah seorang pakar diet dan nutrisi dunia yang bernama Abby Langer, R.D mengatakan bahwa tidak ada fungsi secara fisiologis kalau cuka apel bisa mempercepat proses metabolisme yang bisa menghancurkan lemak dalam tubuh.

Baca Juga : Beberapa Jus Yang Bisa Bermanfaat Untuk Menurunkan Berat Badan

2. Cuka apel adalah probiotik.

Fakta kedua tentang cuka sari apel adalah mengandung probiotik. Hal ini disebabkan karena cuka apel terbuat dari fermentasi dari jus apel itu sendiri. Oleh karena itu manfaatnya untuk menjaga kesehatan usus karena mengandung probiotik.

Baca Juga  Bagi Yang Ingin Menekan Rasa Lapar, Lakukan Olahraga Malam Hari

3. Cuka apel bukan cara alami untuk detoks.

Mitos yang beredar tentang cuka sari apel adalah bisa digunakan untuk proses detoksifikasi tubuh secara alami. Ternyata hal ini tidak dibenarkan oleh para pakar kesehatan.

Secara alamiah tubuh manusia bisa melakukan sebuah proses detoksifikasi dengan melibatkan organ hati, ginjal dan usus. Mereka bekerja secara baik untuk berusaha mengeluarkan racun dan limbah yang sudah tidak terpakai seperti urin dan feses. Selain itu organ tersebut juga sangat penting peranannya dalam penyerapan nutrisi.

4. Tidak benar jika cuka sari apel bisa menekan nafsu makan

Banyak orang juga yang beranggapan kalau minum cuka sari apel bisa menekan nafsu makan sehingga membuat berat badan menjadi turun. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Banyak para pakar yang menganggap hal ini mungkin disebabkan karena efek peradangan pada lambung saja atau gastritis.

Baca Juga  Bagaimana Caranya Agar Ingatan Tetap Tajam ?

Misalnya saat perut kita kosong yang dalam keadaan asam, kemudian kita mengkonsumsi cuka sari apel yang juga bersifat asam. Maka yang terjadi adalah adanya iritasi pada pencernaan. Hal ini menyebabkan kita menjadi terasa kenyang dan menurun nafsu makan.

Artikel Terkait : Makan Apel Setiap Hari Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *