Apa Penyebab Sering Pusing Saat Bangun Tidur

header niko 728 x 90

pusing saat bangun tidur

InspirasiBersama.com – Bagi kebanyakan orang saat bangun tidur akan merasakan lebih segar dan fresh. Namun ada sebagian orang yang justru setelah bangun tidur kerap dilanda rasa pusing bahkan nyeri kepala. Apa penyebab sering pusing saat bangun tidur ?. Rasa pusing atau nyeri pada kepala yang dirasakan saat bangun tidur bisa jadi menjadi suatu tanda adanya penyakit pada tubuh kita.

Rasa pusing atau nyeri pada kepala saat bangun tidur biasanya terjadi dikarenakan terbangun secara tiba-tiba saat tidur. Hal ini bisa disebabkan oleh alarm, suara bising, panggilan telepon. Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan hal itu akan menyebabkan terbangun secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa pusing bahkan sakit kepala. Bahkan ada orang yang merasa jantungnya berdetak lebih cepat saat terbangun sehingga mengganggu mood kita.

Baca Juga  Inilah Dampak Jika Sering Melewatkan Waktu Makan

Untuk menghindari hal tersebut kita bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti mematikan ponsel saat kita tidur, menutup rapat jendela kamar agar tidak berisik. Selain itu saat kita terbangun dari tidur, maka cobalah untuk menenangkan diri sejenak selama kurang lebih dua menit untuk melancarkan aliran darah sehingga terasa tidak pusing saat bangun.

Rasa pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh karena sebelum kita tidur tubuh kita mengalami dehidrasi. Mungkin saat memulai tidur kita merasa haus namun kita tidak mengkonsumsi air. Untuk menghindari hal ini kita bisa melakukan minum yang cukup sebelum kita tidur atau dengan cara menaruh segelas air putih disamping tempat tidur agar bisa kita konsumsi setelah bangun tidur. Selain itu jika anda sering tertidur dengan kondisi masih memakai ikat kepala, maka bisa meningkatkan resiko pusing saat kita bangun tidur. Untuk itu sangat disarankan untuk melepas ikat kepala saat kita tidur.

Baca Juga  Kenali Tanda Tidur Yang Kurang Berkualitas

Bagi anda yang sering merasa cemas dan gelisah saat mau tidur, maka meningkatkan resiko bangun dengan kepala terasa pusing atau sakit. Hal ini dikarenakan saat kita merasa cemas, maka tanpa kita sadari pernapasan kita akan lebih cepat. Hal inilah yang menyebabkan kepala kita terasa pusing saat bangun tidur. Untuk itu sangat disarankan untuk menghindari rasa cemas dan gelisah saat kita mau tidur.

Baca Juga  Ini Dia Penyebab Sering Merasa Gatal Pada Organ Genital Wanita

 

Artikel Terkait : Pengaruh Posisi Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *