Apa Penyebab Orang Tidur Mendengkur ?

header niko 728 x 90

penyebab mendengkur

Sering sekali kita melihat orang yang saat tidur mendengkur. Sebetulnya mendengkur merupakan suatu masalah yang dialami orang saat tidur. Penyebab dari orang mendengkur saat tidur adalah dikarenakan adanya sumbatan atau hambatan jalan nafas bisa terjadi pada hidung, mulut atau tenggorokan.

Menurut seorang dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) Khairan Irmansyah, mengatakan suara dengkuran pada orang tidur terjadi akibat adanya suatu hambatan yang parsial sehingga terjadi turbulensi yang menghasilkan suara dengkuran.

Baca Juga  Beberapa Alasan Mengapa Kita Harus Mengurangi Konsumsi Gorengan

Biasanya orang yang menagalami tidur mendengkur atau ngorok terjadi pada seseorang yang mengalami kelebihan berat badan, punya kebiasaan merokok dan konsumsi alkhohol.

Menurut dokter Khairan, orang yang mengalami kelebihan berat badan akan mengalami banyak tumpukan lemak dalam tubuhnya, dan biasanya leher merekapun akan terlihat lebih pendek dari orang biasa. Dengan banyaknya tumpukan lemak dalam tubuhnya, maka jalan nafas juga tidak bisa terbuka dengan bebas. Pada saat tidur, lidah mereka akan jatuh kebelakang sehingga bisa menutupi jalan napas.

Baca Juga  Tips Menidurkan Si Kecil Lebih Cepat dengan 3 Langkah

 
Selain faktor obesitas, kebiasaan merokok dan minum alkhohol, sumbatan yang terjadi pada jalan nafas bisa juga disebabkan oleh amandel atau struktur hidung yang bengkok. Apakah kebiasaan mendengkur saat tidur bisa dihilangkan ? menurut dokter Khairan bisa. Dengan cara mengetahui penyebab mengapa mereka saat tidur mengalami mendengkur.

 

 

Artikel Terkait : Manfaat Tidur Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *