Apa Penyebab Gusi Menjadi Benjol ?

InspirasiBersama.com – Apa penyebab gusi menjadi benjol ?. Berbicara tentang kesehatan mulut, maka kebanyakan orang akan fokus pada bagian gigi saja, padahal gusi juga menjadi elemen yang sangat penting. Salah satu masalah yang kerap terjadi pada gusi kita adalah benjol, mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : http://hilangkanbenjolansecaraalami.blogspot.co.id

Kondisi gusi yang benjol akan menyebabkan sensasi rasa yang nyeri dan ngilu. Pada kondisi ini tentu akan sangat mempengaruhi nafsu makan karena kerap menyebabkan rasa nyeri saat mengunyah makanan. Kondisi ini bisa lebih parah jika terjadi pada kalangan anak yang akan memicu rasa rewel serta tak mau makan.

Baca Juga  Apa Yang Membuat Asam Lambung Saat Puasa Meningkat ?

Menurut para pakar kesehatan, gusi yang benjol ada beberapa jenis. Biasanya yang lebih sering terjadi disebabkan karena adanya proses peradangan yang disebabkan karena adanya gigi yang berlubang. Kondisi ini dikenal dengan sebutan fitsula. Pada kasus benjolan gusi ini akan menyebabkan gusi berwarna merah, licin, dan pada beberapa kasus kerap muncul nanah dan darah.

Baca Juga  Makan Malam Justru Bisa Membuat Perut Kita Langsing

Ternyata fitsula ini lebih sering terjadi pada wanita akibat gangguan keseimbangan hormon. Meskipu demikian gusi benjol bisa menyerang siapa saja dan segala usia. Kejadian yang lebih sering adalah gusi benjol pada bagian rahang bawah terutama bagian depan dan pada sekitar area gigi geraham.

Itulah penyebab gusi menjadi benjol. Untuk mencegah hal ini terjadi tentu kita harus menjaga kesehatan mulut dengan rajin menyikat gigi minimal dua kali dalam sehari dan sebelum tidur.
Artikel Terkait : Dampak Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *