Apa Pentingnya Menggunakan Obat Kumur ?

header niko 728 x 90

menggunakan obat kumur

InspirasiBersama.com – Bagi sebagian orang menggunakan obat kumur untuk membersihkan mulut sangat menyenangkan. Kebanyakan dari mereka mengaku akan membuat mulut mereka terasa sangat segar. Hal ini sesuai dengan pernyataan Matt Messina yang merupakan seorang anggota American College of Dentist dan seorang juru bicara American Dental Association. Namun bagi anda yang tak terbiasa menggunakan obat kumur pasti akan bertanya-tanya, apa pentingnya menggunakan obat kumur ?

Menurut Messina, obat kumur memang memberi banyak manfaat dalam membersihkan plak dan sisa makanan yang masih menempel pada celah-celah gigi. Yang perlu digaris bawahi adalah obat kumur bukan merupakan pengganti dari sikat gigi, namun obat kumur hanya sebagai pelengkap setelah kita melakukan sikat gigi. Menurut Messina sikat gigi masih sangat direkomendasikan untuk membersihkan mulut kita. Untuk melengkapinya anda bisa menggunakan obat kumur untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang mungkin masih menempel pada celah-celah gigi.

Baca Juga  Apakah Benar Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan Menyehatkan ?

Sebelumnya pada tahun 1990an ada sebuah studi yang menyatakan bahwa penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol meningkatkan resiko kanker oral. Namun pada tahun 2014 beberapa peneliti yang berasal dari Eropa mempertentangkan hasil penelitian tersebut. Para peneliti dari Eropa mengatakan studi yang dilakukan pada tahun 1990an tersebut dinilai cacat. Itu akan terjadi jika menggunakan obat kumur secara berlebihan.

Untuk meminimalisir resiko kemungkinan kanker mulut yang diakibatkan keran penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol, maka sebaiknya anda memilih jenis obat kumur yang tidak mengandung alkohol. Hal ini dikarenakan penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol bisa membuat mulut kita menjadi kering dan kekurangan cairan.

Baca Juga  Benarkah Tinggi Badan Bisa Mempengaruhi Penyebab Kematian Seseorang ?

Apabila anda saat ini mempunyai masalah pada gigi dan gusi dan berkeinginan untuk menggunakan obat kumur yang mengandung antiseptik, maka sangat disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter gigi. Hal ini sangat penting untuk memilih jenis obat kumur yang tepat dengan kondisi mulut dan gigi anda.

Yang perlu diketahui adalah penggunaan obat kumur sebenarnya hanya bersifat penyegar saja bagi mulut kita. Namun jika anda mempunyai masalah yang lebih serius tentang bau mulut, gigi dan gusi anda sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter gigi terlebih dahulu. Ini sangatlah penting. Itulah apa pentingnya menggunakan obat kumur.

Baca Juga  Ini Dampak Negatif Merokok di Depan Anak

Artikel Terkait : Dampak Buruk Jika Menyikat Gigi Dengan Keras

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *