Apa Pentingnya Hormon Testosteron Bagi Kesuburan Pria ?

header niko 728 x 90

hormon testosteron

InspirasiBersama.com – Bagi seorang laki-laki mungkin kita akan bertanya-tanya apa pentingnya hormon testosteron bagi kesuburan pria ?. Setiap laki-laki tentunya menginginkan kesuburan yang baik sehingga bisa memberikan keturunan dalam sebuah pernikahan.

Berawal dari membaca sebuah konsultasi secara online yang dipublikasikan dalam majalah online www.kompas.com. Dalam sebuah konsultasi tersebut, ada seorang laki-laki yang bertanya kepada Prof Dr dr Wimpie Pangkahila, SpAnd, FAACS yang merupakan seorang Guru Besar Fakultas Kedokteran di Universitas Udayana.

Dalam konsultasinya, seorang pria menanyakan kepada dokter Wimpi bahwa dia sudah menikah selama 2 tahun dan sampai saat ini belum juga dikaruniai anak. Menanggapi hal ini, maka pasangan suami istri tersebut melakukan sebuah program kehamilan yang disarankan oleh seorang dokter.

Baca Juga  Jangan Suka Menahan Bersin ! Ini Bahayanya Bagi Kesehatan

Dari program kehamilan tersebut, sang laki-laki diminta oleh sang dokter untuk juga melakukan pemeriksaan kesuburan atau lebih tepatnya mengukur kadar testosteron dalam tubuh pria. Bukan hanya itu saja, pria tersebut juga diperiksa spermanya oleh dokter.

Yang ditanyakan sang pria tersebut kepada dokter Wimpie adalah mengapa saya diperiksa kadar testosteron segala ? Apakah besar pengaruhnya terhadap kesuburan seorang pria dan membuat istrinya sulit untuk hamil ?. Sampai sang pria mengirimkan pertanyaaan lewat konsultasi online tersebut, pria itu belum tahu seberapa kadar testosteron yang sudah diperiksa.

Baca Juga  Waktu Yang Dibutuhkan Oleh Seorang Pria Untuk Bisa Melakukan ‘Ronde Kedua’ Dalam Berhubungan Seks

Baca Juga : Tanda Testosteron Pria Menurun

 

Dari keluhan dan pertanyaan pria tersebut, dokter Wimpie menjawab dalam konsultasinya bahwa pada dasarnya untuk melakukan pemeriksaan kesuburan seorang pria akan melalui 3 tahap. Tahap yang pertama adalah melakukan pemeriksaan pada fisik penis, testis dan skrotum. Tahap yang kedua adalah dilakukan pemeriksaan pada sperma. Nah pada tahap ketiga, biasanya seorang dokter juga menyarankan untuk melakukan pemeriksaan pada hormon pria yang meliputi LH, FSH dab testosteron.

Kalau secara fisiologis, testosteron dan beberapa hormon lain mempunyai peranan yang sangat penting terhadap proses pembentukan sperma pria. Ini artinya, jika ternyata kadar testosteron seorang pria menurun, maka bisa dipastikan bahwa pembentukan sperma juga mengalami gangguan. Jika hal ini yang terjadi, bisa menyebabkan sebuah pasangan sulit untuk mendapatkan momongan. Itulah pentingnya hormon testosteron bagi kesuburan pria.

Baca Juga  Tips Membedakan Migrain dan Sakit Kepala Biasa Dengan Mengenali Tanda-tandanya

Artikel Terkait : Tips Meningkatkan Kesuburan Pria Dengan Mudah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *