Apa Manfaat Sering Konsumsi Bawang Putih ?

header niko 728 x 90

manfaat sering konsumsi bawang putih

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa dengan sering konsumsi bawang putih akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bawang putih merupakan rempah-rempah asli Indonesia yang hampir kita jumpai pada setiap jenis makanan. Mengapa bawang putih bisa bermanfaat bagi kesehatan ?

Bawang putih banyak mengandung zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Bawang putih mengandung banyak yodium, zat besi, kalsium dan belerang. Bahkan nenek moyang kita sering menggunakan bawang putih dalam menyembuhkan beberapa penyakit misalnya masalah pencernaan, diabetes, dan mampu menurunkan kolesterol.

Selain mengandung zat-zat tersebut, bawang putih juga banyak mengandung senyawa allicin yang sangat bagus dan berfungsi sebagai antioksidan bagi tubuh kita. Disamping itu bawang putih juga bisa menangkal virus dan bakteri yang masuk pada tubuh.
Berikut manfaat sering konsumsi bawang putih bagi kesehatan tubuh :
1. Mengobati asma
Bagi anda yang mempunyai penyakit asma bisa mengkonsumsi bawang putih secara rutin setiap hari sebanyak beberapa siung. Dengan rajin konsumsi bawang putih akan bisa mencegah asma kambuh. Selain itu bawang putih juga mengandung vitamin C yang mampu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan jalan napas.
2. Meningkatkan kesehatan tulang
Dengan rajin konsumsi bawang putih akan membuat tulang kita semakin sehat. Untuk itu bawang putih sangat baik bagi wanita karena memiliki resiko tinggi pengeroposan pada tulang. Bahkan berdasarkan sebuah hasil studi terbaru sering konsumsi bawang putih sangat baik bagi penderita penyempitan dan pengerasan pada pembuluh darah untuk meningkatkan kepadatan tulang.

Baca Juga  Mengapa Kita Harus Sering Mengganti Pisau Cukur ?

 

3. Menyehatkan jantung
Selain bisa untuk mengobati penyakit asma dan meningkatkan kesehatan tulang, bawang putih juga sangat bagus untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan bawang putih banyak mengandung belerang yang mampu mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah sehingga aliran darah semakin lancar. Disamping itu efek radikal bebas dari bawang putih juga bisa melindungi jantung dari hal-hal yang berbahaya.
4. Mengatasi radang tenggorokan
Untuk mencegah dan mengatasi radang tenggorokan dan bronkhitis kronik anda bisa mengkonsumsi bawang putih. Sifat antibakteri pada bawang putih mampu mengatasi infeksi pada tenggorokan dan mencegah penyakit pada saluran pernapasan seperti bronkhitis.

Baca Juga  Penyebab Program Bayi Tabung di Indonesia Terus Meningkat

5. Menangkal alergi
Bagi anda yang mengalami alergi, maka bisa anda atasi dengan makan bawang putih. Hal ini disebabkan bawang putih mempunyai efek anti inflamasi yang bisa meredakan alergi dan peradangan pada tubuh.

 

Artikel Terkait : Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *