Apa Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

header niko 728 x 90

manfaat menyusui

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai ada seorang wanita yang enggan melakukan menyusui kepada bayinya. Mereka beranggapan dengan menyusui bayi akan membuat payudara menjadi kendur. Mereka lebih memilih memberikan susu formula dari pada memberikan ASI eksklusif kepada anaknya. Miris sekali mendengar jika ada seorang ibu yang punya pikiran seperti ini. Padahal menyusui bukan hanya bermanfaat bagi kesehatan bayi saja, namun juga bermanfaat bagi sang ibu sendiri.  Berikut  manfaat menyusui bagi ibu dan bayi :

1. Membakar kalori: Dengan menyusui bayi maka akan ada banyak pembakaran dalam tubuh sang ibu. Untuk mendapatkan  1 ons ASI, tubuh membutuhkan pembakaran sekitar 20 kalori. Coba bayangkan bagaimana jika dalam sehari bayi kita menghabiskan 19-30 ons ASI, maka ada banyak pembakaran dalam tubuh sekitar 380-600 kalori.

Baca Juga  Manfaat Menangis Saat Stres

 

2. Menangkal penyakit: Tahukah kita dengan memberikan ASI eksklusif atau menyusui maka seorang ibu akan memiliki resiko yang rendah terhadap kanker ovarium dan payudara dan beberapa kanker yang lainnya. Ini sudah berdasarkan hasil penelitian. Selain itu menyusui juga sangat bagus untuk menghindarkan diri dari penyakit jantung, diabetes dan osteoporosis yang sering melanda kaum wanita.

 

3. Terhindar stres pasca-melahirkan: Saat seorang wanita tidak melakukan menyusui setelah melahirkan bayi, maka wanita tersebut akan beresiko besar mengalami stres dan depresi. Untuk itu menyusui sangatlah bagus bagi kesehatan mental sang ibu.

Baca Juga  Benarkah Dengan Rajin Sikat Gigi Mampu Mencegah Kanker ?

 

4.Mengecilkan rahim: Dengan melakukan menyusui maka akan ada banyak produksi hormon oksitosin yang sangat bagus dalam mengembalikan rahim ibu setelah melahirkan. Rahim ibu yang setelah melahirkan akan mengalami pembesaran sehingga perlu dikecilkan kembali secara alami oleh hormon oksitosin.

 
5. Melindung bayi dari berbagai penyakit:  ASI yang terkandung dalam susu ibu menjadi nutrisi yang paling bagus bagi bayi agar bisa terlindung dari berbagai macam penyakit. Tidak ada makanan yang bisa menandingi hebatnya ASI ibu. Apabila bayi tidak mendapatkan ASI secara eksklusif maka akan rentan terkena penyakit yang bisa membayakan kesehatan sang bayi misalnya obesitas, asma, kejang demam dll. Menurut sebuah hasil penelitian dari Amerika mengatakan bahwa bayi yang mendapatkan ASI akan terhindar dari infeksi sampai 50 persen daripada yang tidak mendapatkan ASI.

Baca Juga  Mengapa Terasa Ngos-ngosan Saat Naik Tangga ?

 

Artikel Terkait : Cara Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *