Apa Dampaknya Jika Sering Mengalami Gula Darah Tinggi

header niko 728 x 90

hiperglikemi

InspirasiBersama.com – Sering mengalami kadar gula darah tinggi ? Lantas apa dampaknya jika sering mengalami gula darah tinggi ?. Gula darah tinggi atau diabetes saat ini menjadi momok bagi kebanyakan masyarakat. Penyakit ini sangat erat hubungannya dengan gaya hidup, riwayat keluarga yang menderita diabetes, obesitas serta usia yang sudah menginjak kepala tiga.

Jika anda mempunyai kebiasaan-kebiasaan tersebut, maka sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin. Dengan rutin memeriksakan kadar gula, maka kita akan dapat mengontrol pola makan kita sehingga tidak sampai mengalami hiperglikemi atau tingginya kadar gula darah.

Apabila tubuh kita sering mengalami kadar gula darah yang tinggi, maka secara perlahan akan menimbulkan masalah pada organ tubuh yang lainnya. Orang yang mengalami hiperglikemi atau peningkatan kadar gula darah terjadi karena kegagalan pankreas dalam memproduksi insulin yang berfungsi untuk menetralisir glukosa dalam darah.

Baca Juga  Sering Mengalami Tekanan Darah Tinggi Bisa Menurunkan Daya Ingat

Berikut dampak jika sering mengalami kadar gula yang tinggi : 

– Dehidrasi.
Saat kita mengalami kadar gula darah yang tinggi akan berefek pada seringnya buang air kecil. Hal ini normal terjadi karena tubuh kita melakukan kompensasi dengan cara membuang banyak gula dengan cara buang air kecil. Saat banyaknya cairan yang kita keluarkan akibat sering kencing, secara otomatis akan membuat kita menjadi kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Baca Juga  Benarkah Nasi Bisa Memicu Obesitas ?

Dehidrasi menjadi hal yang berbahaya jika tidak diimbangi dengan asupan cairan yang cukup. Jika dehidrasi berlangsung lama maka akan membuat tubuh kita menjadi lemas, pusing, sakit kepala serta bisa merusak ginjal kita.

– Kerusakan organ.
Tahukah kita jika tubuh kita sering mengalami kadar gula yang tinggi maka akan menyebabkan beberapa kerusakan pada organ tubuh yang lainnya. Diantaranya adalah akan merusak mata, ginjal, jantung serta saraf.

Jika hal ini dibiarkan terus-menerus maka akan menimbulkan komplikasi diabetes yaitu mata menjadi kabur, jantung, gagal ginjal dan stroke. Komplikasi yang disebabkan diabetes semuanya tergolong berbahaya bagi kesehatan manusia.

Baca Juga  Ini Dia Rahasia Langsing Ala Wanita Jepang

– Koma diabetes.
Saat ada seseorang yang mengalami diabetes dengan kadar gula darah yang tinggi dan berlangsung lama, maka akan membuat seseorang tersebut mengalami koma diabetes. Biasanya terjadi saat kadar gula darah seseorang diatas 600 mg/dl. Pada kondisi ini pasien akan tidak sadarkan diri dan mengancam kesehatannya.

 

Artikel Terkait : Khasiat Rambut Jagung Untuk Mencegah Diabetes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *