Apa Dampaknya Jika Jarang Mencuci Handuk ?

header niko 728 x 90
handuk kotor

Dampak Jarang Mencuci Handuk

InspirasiBersama.com – Kebanyakan dari kita jarang memperhatikan kebersihan handuk . Berbeda dengan pakaian, saat pakaian terasa sedikit basah dan kotor maka kita akan segera ganti baju. Padahal kalau kita perhatikan handuk malah lebih sering dalam posisi basah dan lembab. Inilah fenomena yang terjadi bagi kebanyakan orang. Tidak tahu pasti mengapa kebanyakan orang malas untuk mencuci handuk. Mungkin mereka menganggap handuk hanya kita pakai untuk membersihkan badan yang bersih setelah mandi. Padahal jika kita malas atau jarang mencuci handuk maka akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan terutama pada kulit.

Baca Juga  Benarkah Perut Yang ‘Six Packs’ Belum Tentu Kuat

Kebiasaan malas mencuci handuk sering kita jumpai pada anak kost, anak pesantren, dan para perantau. Mereka biasanya baru mencuci handuk beberapa minggu sekali, bahkan sering juga sampai berbulan-bulan sampai handuk terlihat sangat kotor baru dicuci. Kebiasaan ini sangat tidak bagus bagi kesehatan kulit kita. Handuk yang jarang kita cuci menjadi tempat berkembang biak banyak bakteri yang bisa menimbulkan masalah pada kulit contohnya gatal-gatal dan beberapa penyakit kulit lainnya.

Selain itu kebanyakan dari kita lebih sering memilih warna gelap jika membeli handuk. Hal ini dimaksudkan agar handuk tidak cepat terlihat kotor. Dengan handuk berwarna gelap, maka membuat pemakainya merasa handuk masih terlihat biasa saja sehingga jarang melakukan cuci handuk. Berbeda saat kita memilih warna handuk yang terang. Dengan warna yang terang maka kalau handuk sedikit kotor akan mudah terlihat sehingga membuat pemakainya mejadi risih dan sering untuk mencuci.

Baca Juga  Jual Smart Detox Murah – Cara Langsing Cepat

Dampak negatif jika kita jarang mencuci handuk adalah meningkatkan resiko penyakit kulit yang berbahaya yaitu MRSA (Methicilin Resistent Staphylococcus Aureus). Penyakit ini sangat berbahaya dan rentan untuk menular. Selain itu sering kita menjumpai orang yang jarang mencuci handuk mengalami gatal-gatal, ruam pada kulit, kulit menjadi pecah-pecah. Hal ini disebabkan banyaknya bakteri dan kuman yang berada pada handuk yang sering dalam kondisi basah dan lembab. Anda disarankan untuk mencuci handuk setidaknya seminggu sekali untuk menghindari penumpukan bakteri dan kuman pada handuk.

Baca Juga  Keputihan Bukan Satu-satunya Masalah Pada Vagina Wanita

 

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kulit Yang Kering dan Gatal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *