Apa Dampak Terlalu Banyak Konsumsi Teh Hijau ?

header niko 728 x 90

teh hijau

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah penelitian konsumsi teh hijau memang sangat bagus bagi kesehatan terutama mampu mencegah kanker pada tubuh. Hal ini dikarenakan teh hijau banyak mengandung antioksidan yang tinggi. Namun bagaimana jika terlalu banyak konsumsi teh hijau ? apakah berbahaya bagi kesehatan ?

Konsumsi teh hijau secara berlebihan sangat tidak baik bagi kesehatan. Salah seorang gadis asal Inggris yang berusia 16 tahun telah memesan teh hijau Cina melalu online. Dia meminum teh hijau tersebut tiga cangkir sehari. Dampaknya adalah sang gadis dirawat di rumah sakit akibat mengalami kerusakan hati. Hal ini mungkin disebabkan karena teh hijau banyak mengandung konsentrat yang tinggi.

Baca Juga  Bagi Anak-anak Obat Batuk Codein Tak Aman

Sebagian besar orang mengkonsumsi teh hijau bertujuan untuk menurunkan berat badan. Dan tak sedikit pula yang mengkonsumsinya secara berlebihan dengan harapan agar cepat mendapatkan berat badan ideal yang diharapkan. Padahal produk herbal yang dikonsumsi secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan hati manusia.
Apa saja yang perlu diperhatikan?

Pada saat kita mengkonsumsi teh hijau, maka kandungan tanin pada teh hijau akan berdampak pada tubuh kesulitan menyerap zat besi non-heme. Artinya tubuh kita akan kesulitan dalam mencerna zat besi yang berasal dari sumber nabati misalnya kacang-kacangan, susu dan telur.

Baca Juga  Bahagia Tidak Ditentukan Oleh Banyaknya Uang

Bahkan menurut pada pakar kesehatan mengatakan konsumsi teh hijau secara tepat saat tubuh kita sehat sangat bagus karena mampu meningkatkan kekebalan tubuh secara alami. Namun saat tubuh kita sakit, maka konsumsi teh hijau justru malah memperburuk kondisi tubuh kita.

Teh hijau juga mengandung kafein sekitar 25 sampai 50 mg dalam satu cangkirnya. Berbeda dengan kopi yang mengandung kafein sekitar 95-200 mg dalam setiap cangkirnya. Artinya saat kita konsumsi teh secara berlebihan maka tubuh kita akan mengandung banyak kafein yang tentu saja kurang bagus bagi kesehatan. Batasi maksimal dua cangkir sehari jika anda mengkonsumsi teh hijau.

Baca Juga  Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

 

Artikel Terkait : Apakah Boleh Penderita Diabetes Minum Teh 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *