Apa Benar Vaksin HPV Menyebabkan Menopause Dini ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Secara umum seorang wanita akan mengalami masa menopause saat masuk usia 51 sampai 55 tahun. Namun hal ini bisa terjadi lebih cepat yang disebabkan oleh banyak faktor mulai dari penyakit, genetika, maupun sedang menjalankan sebuah prosedur medis. Karena faktor itu seorang wanita bisa mengalami menopause pada usia 40 tahun.

Banyak kalangan yang mengatakan bahwa seorang wanita yang mengalami menopause sebelum usia 51 sampai 55 tahun disebut dengan menopause dini.

pemberian-vaksin-hpv

sumber gambar : hellosehat.com

Beberapa tahun yang lalu muncul sebuah anggapan yang berasal dari AS yang mengatakan bahwa menopause dini disebabkan karena pemberian vaksin HPV. Menyikapi adanya anggapan yang seperti ini, maka seorang pakar kebidanan dan kandungan yang berasal dari Ohio State University College of Medicine menjelaskannya kaitannya dengan HPV :

Gejala menopause dini

Hal pertama yang harus kita ketahui adalah tentang gejala sebuah menopause, baik itu yang berjalan secara alami maupun yang tidak alami atau menopause dini. Ini gejalanya :

1. Gejala pertama yang terjadi adalah adanya ketidakteraturan menstruasi atau bisa tidak lagi muncul menstruasi.

2. Yang kedua adalah terletak pada periode menstruasi yang mengalami perubahan menjadi lebih berat atau bisa juga ringan.

Baca Juga  Manfaat Lain Melakukan Diet Selain Melangsingkan Badan

3. Gejala yang ketiga adalah sering mengalami tubuh terasa hangat yang terjadi pada bagian atas tubuh saja atau dikenal dengan hot flashes.

4. Gejala ke empat adanya ketidakstabilan emosi atau suasana hati seorang wanita.

Bukan hanya mengalami beberapa gejala itu saja, beberapa wanita juga bisa mengalami gejala ini yang menjadi tanda menopause :

1. Berubahnya vagina menjadi lebih kering

Baca Juga : Alasan Mengapa Vagina Wanita Bisa menjadi Kering

2. Selanjutnya adalah kurang bisa mengontrol kencing atau dikenal dengan inkontinensia

3. Gejala selanjutnya bisa muncul kulit yang kering pada bagian mulut dan mata

4. Dan yang terakhir adalah terjadinya penurunan gairah seksual.

Ada beberapa kondisi yang disebabkan karena penyakit, genetik ,maupun sedang menjalankan sebuah prosedur medis yang menyebabkan seorang wanita mengalami menopause. Bagi anda seorang wanita yang mengalami menopause pada usia kurang atau lebih dari 40 tahun, maka sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter.

1 Menopause dini bisa disebabkan karena melakukan sebuah prosedur medis seperti kemoterapi atau sebuah radiasi.

2.Selanjutnya adalah menopause dini juga dipengaruhi oleh adanya faktor genetik, misalnya ada anggota keluarga yang mengalami gangguan imun sebagi contoh hipotiroidisme, lupus dll.

3. Selain itu bagi seorang wanita yang sudah melakukan sebuah usaha agar hamil yang sudah dijalankan lebih dari satu tahun.

Baca Juga  Apa Yang Akan Terjadi Jika Kita Bisa Berhenti Merokok ?

4. Selanjutnya adalah adanya hubungan keluarga yang mengalami menopause dini seperti oleh ibu atau saudara perempuan.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa faktor lain yang juga bisa menyebabkan seorang wanita mengalami menopause dini, diantaranya :

– Melakukan sebuah operasi yaitu pengangkatan ovarium

– Mengkonsumsi jenis obat-obatan tertentu juga bisa menyebabkan wanita mengalami menopause dini.

– Wanita tersebut mengalami sebuah penyakit kronik atau menahun yang tak kunjung sembuh.

Bukan hanya itu saja, ada beberapa kebiasaan atau kondisi yang memicu penuaan dini bagi seorang wanita, diantaranya :

– Seka merokok

– Mempunyai berat badan yang berlebih atau obesitas

– Yang terakhir adalah disebabkan karena adanya kegagalan ovarium yang banyak dikaitkan dengan pemberian sebuah vaksin yang bernama HPV. Kondisi ini terjadi pada dua orang remaja wanita yang berasal dari Wisconsin yang terjadi pada tahun 2013 sampai 2014.

Kegagalan sebuah ovarium dengan munculnya menopause dini merupakan kondisi yang berbeda. Kalau pada menopause dini akan terjadi sebuah gangguan periode menstruasi sampai tidak munculnya menstruasi yang terjadi sebelum usia 40 tahun.  Kondisi ini menyebabkan seorang wanita menjadi sulit hamil.

Baca Juga  Apa Yang Menyebabkan Bayi Sembelit ?

Namun pada seorang wanita yang mengalami gangguan pada ovariumnya, maka periode menstruasi mungkin masih terjadi, tetapi menyebabkan kondisi yang tidak teratur. Kondisi ini masih memungkinkan seorang wanita mengalami sebuah kehamilan.

Sampai saat ini hampir sekitar 90 persen kasus kegagalan ovarium belum diketahui secara jelas penyebabnya. Prosentase kecil disebabkan karena adanya sebuah gangguan pada folikel.

Terjadinya kasus kegagalan sebuah ovarium bisa terjadi pada semua usia, baik itu anak, remaja maupun wanita yang sudah dewasa. Namun kebanyakan terjadi pada wanita dewasa.

Kesimpulannya adalah menurut CDC yang merupakan sebuah Pusat Penanggulangan Penyakit yang berasal dari AS mengatakan bahwa tidak ada hubungan antara terjadinya kegagalan ovarium dengan pemberian vaksin HPV. Pemberian vaksin HPV menurutnya masih disarankan untuk diberikan kepada wanita pada usia 11 sampai 12 tahun.

Artikel Terkait : Menstruasi Bisa Menjadi Indikator Panjang Usia Seorang Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *