Apa Bahayanya Jika Makanan dibungkus Plastik Hitam

header niko 728 x 90

 

bahaya kresek hitam

InspirasiBersama.com – Tahukah kita bahwa kantong plastik atau orang lebih akrab dengan kresek hitam bisa berbahaya jika digunakan sebagai pembungkus makanan. Siapa yang tidak kenal dengan kresek atau kantong plastik. Benda yang satu ini memiliki segudang manfaat bagi kehidupan manusia. Dengan adanya kantong plastik kita semakin mudah membawa barang belanjaan kita. Namun di masyarakat kita kantong plastik hitam kerap digunakan sebagai pembungkus makanan, misalnya saat kita membeli gorengan dll. Hal ini akan berdampak negatif terhadap kesehatan kita.

Mungkin diantara kita masih bertanya mengapa kantong plastik hitam bisa berdampak negatif bagi kesehatan, padahal kalau kita lihat bersih. Hal ini disebabkan oleh kantong plastik hitam terbuat dari bahan daur ulang plastik yang sudah tidak digunakan. Tentu hal ini kalau kita gunakan sebagai tempat makanan akan kurang higienis karena terbuat dari bahan yang kotor. Selain itu sebenarnya kantong plastik atau kresek hitam diciptakan untuk tempat kotoran atau tempat sampah. Kalau ada orang yang menggunakannya sebagai tempat makanan tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Saat makanan berada pada kantong plastik yang berwarna hitam maka potensial besar untuk terkontaminasi kotoran dari bahan plastik tersebut.

Baca Juga  Bahaya Berbagi Lipstik Dengan Teman

Ini dia bahan utama dari kantong kresek hitam yaitu polivinil atau PVC. Bukan hanya itu saja terdapat kandungan residu timah putih dan bahan kimia berbahaya seperti cadmium. Dengan kandungan seperti itu maka kantong kresek warna hitam sangat tidak layak untuk tempat bungkus makanan. Sehingga kita sering mencium bau yang menyengat tajam saat membuka plastik hitam. Bahkan sebenarnya plastik warna hitam merupakan jenis produk plastik yang kualitasnya paling rendah sehingga diciptakan untuk tempat kotoran atau sampah.

Baca Juga  Saudara Kandung Tak Mesti Mempunyai Alergi Yang Sama

Menurut para pakar apabila seseorang sering makan-makanan yang terkontaminasi dengan kresek hitam maka akan membuat hati kita menjadi membengkak. Selain itu banyak penyakit lain yang bisa terjadi karena kontaminasi kantong plastik hitam yaitu hepatitis (infeksi pada hepar), kanker, serta gangguan pada fungsi saraf. Untuk itu apabila kita membeli makanan kemudian diberi kantong plastik hitam sebagai pembungkusnya maka jangan mau, minta ganti dengan kantong plastik yang selain warna hitam.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Paling disarankan Bagi Ibu Hamil

 

Artikel Terkait : Bahaya Memanaskan Makanan Dengan Wadah Plastik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *