Apa Bahayanya Jika Makan Terlalu Kenyang ?

header niko 728 x 90

makan dengan kenyang

InspirasiBersama.com – Ada banyak diantara kita yang sering melakukan makan terlalu kenyang. Bahkan tidak jarang saking kenyangnya menimbulkan rasa penuh dan sakit pada perut kita. Dari segi kesehatan, makan terlalu kenyang sangat tidak baik. Apalagi jika yang kita konsumsi adalah jenis makanan yang siap saji atau jenis makanan yang pengolahannya kurang menyehatkan.

 
Jika anda terpaksa makan dalam jumlah banyak, maka solusinya adalah pilihlah jenis makanan yang memiliki kandungan rendah kalori, banyak mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seperti buah dan sayuran. Selain itu anda juga harus menghindari jenis makanan yang banyak mengandung lemak.

Dengan konsumsi jenis makanan yang banyak mengandung serat seperti buah dan sayur, maka bisa membuat kita kenyang lebih lama sehingga tidak mendorong untuk mengkonsumsi makanan lagi.

Berikut bahaya jika makan terlalu kenyang :

1. Pertambahan berat badan yang tidak menyehatkan

Baca Juga  Solusi Hidup Sehat Alami

Bahaya pertama yang diakibatkan karena makan terlalu kenyang adalah meningkatkan resiko berat badan yang berlebih. Peningkatan berat badan yang berlebih merupakan indikator yang kurang baik bagi kesehatan. Apalagi hal itu ditunjang dengan kebiasaan kita yang malas melakukan olahraga.

Berdasarkan sebuah hasil studi yang dilakukan pada tahun 2001 dalam sebuah buku yang berjudul ‘obesity’ menyatakan bahwa mereka yang mempunyai kebiasaan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak maka beresiko besar mengalami peningkatan berat badan. Dan kabar buruknya lagi adalah kebanyakan orang yang mengalami obesitas atau peningkatan berat badan berlebih mempunyai kecenderungan malas untuk melakukan olahraga.

2. Bahaya bagi kesehatan fisik

Orang yang mempunyai kebiasaan makan berlebih bukan hanya bisa berdampak pada peningkatan berat badan saja, namun apabila yang mereka konsumsi adalah jenis makanan yang banyak mengandung lemak, tinggi gula dan jenis makanan yang cepat saji maka akan berdampak pada peningkatan jumlah energi yang meningkat drastis secara cepat. Namun hal itu hanya berlangsung tidak lama dan anda akan merasa lapar lagi.

Baca Juga  Manfaat Melakukan Liburan Sambil Meditasi

Selain itu konsumsi jenis makanan yang tidak menyehatkan dalam jumlah yang berlebihan juga bisa membuat rasa yang tidak nyaman pada perut seperti kembung dan peningkatan asam lambung. Peningkatan berat badan yang berlebih juga kerap menimbulkan masalah nyeri pada tulang dan persendian akibat menopang tubuh yang berat.

3. Bahaya gangguan kesehatan mental

Kebiasaan suka makan berlebih akan bisa mengganggu kesehatan mental seseorang. Hal ini bisa terjadi karena saat kita mengalami peningkatan berat badan yang berlebih, maka secara tidak langsung membuat rasa percaya diri kita akan menurun. Hal inilah yang merusak kesehatan mental kita.

Bagi anda yang mengalami rasa tidak percaya diri akibat berat badan yang berlebih, maka sangat berpotensi mengalami depresi, cemas yang berlebihan serta mengganggu performa seksual sehingga bisa mempengaruhi hubungan suami istri.

Baca Juga  Benarkah Jika Harga Rokok Mahal Bisa Menurunkan Kemiskinan

4. Bahaya penyakit lainnya

Disamping beberapa dampak negatif diatas, kebiasaan sering mengkonsumsi makanan secara berlebih juga beresiko besar mengalami banyak penyakit berbahaya seperti jantung, obesitas, hipertensi, diabetes tipe-2 serta stroke. Semua jenis penyakit tersebut sangat erat kaitannya dengan kolesterol yang tinggi yang diakibatkan oleh kebiasaan makan-makanan yang tidak sehat secara berlebih. Belum lagi resiko penyakit kanker yang sering terjadi akibat seringnya konsumsi makanan siap saji.

Artikel Terkait : Dampak Serius Jika Memiliki Berat Badan Yang Berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *