Antara Tahu dan Tempe, Mana Yang Lebih Baik Menurut Kesehatan ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Sebagai orang Indonesia tentu tak asing dengan yang namanya tahu dan tempe. Ya kedua lauk tersebut sangat erat di telinga kita karena menjadi menu makan sehari-hari. Selain mempunyai rasa yang enak, tahu dan tempe mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan. Namun  jika kita membandingkan, mana yang lebih baik secara kesehatan ?

sumber : upstation.id – lebih sehat mana tahu sama tempe ?

Kalau kita melihat bahan dasar, maka tahu dan tempe terbuat dari bahan dasar yang sama yaitu kedelai yang kaya manfaat bagi kesehatan. Namun ternyata diantara tahu dan tempe mempunyai nutrisi yang lebih baik bagi kesehatan, mana itu ?

Baca Juga  Apa Manfaat Minum Kopi Sebelum Olahraga ?

Ternyata jawabnya adalah lebih menyehatkan tempe dibandingkan dengan tahu. Semua ahli sepakat bahwa di dalam tahu dan tempe tersimpan banyak nutrisi mulai dari vitamin, asam lemak tak jenuh, mineral, serat, dan juga isoflavon. Namun karena cara pengolahan tempe yang menggunakan teknik fermentasi membuatnya lebih baik secara kesehatan dibandingkan dengan tahu.

Baca Juga  Alasan Rokok Bisa Mengganggu Kesuburan Pria

Saat tempe melalui proses fermentasi, maka akan mengandalkan mikroba yang bernama kapang Rhizopus. Hal ini akan membuat sesuatu yang bersifat kompleks berubah menjadi lebih sederhana. Hal inilah yang menurut para ahli tempe memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dibandingkan dengan tahu.

Meski demikian bukan berarti kita hanya disarankan untuk mengkonsumsi tempe saja. Kombinasi antara menu makanan tahu dan tempe tentu akan memberikan suplai nutrisi yang lebih lengkap dan menyehatkan. Yang menjadi titik perhatian adalah cara memasaknya. Sebaiknya lebih memilih mengukus dibandingkan dengan menggoreng, terlebih lagi jika menggunakan minyak goreng.

Baca Juga  Ternyata Ikan Juga Bisa Terjangkit Penyakit TBC, Waspada Saat Konsumsi Ikan !

Artikel Terkait : Apa Saja Manfaat Konsumsi Kedelai Bagi Kesehatan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *