Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit Diabetes

header niko 728 x 90

Anjing Bisa Mendeteksi Penyakit DiabetesKabar mengejutkan datang sebuah penelitian terbaru yang mengatakan bahwa seekor anjing yang ternyata mampu mendeteksi penyakit diabetes manusia melalui endusan terhadap keringat kita. Semua orang pasti tahu dibalik ketajaman penciuman anjing ternyata menyimpan manfaat bagi manusia.

Penelitian ini diluncurkan oleh jurnal dabetes Therapy, yang mengatakan bahwa indra penciuman yang tajam pada anjing mampu mendeteksi kondisi hipoglikemia ( kekurangan kadar gula darah ) pada manusia dengan tingkat akurasi sampai 90%. Hipoglikemi biasanya dialami mereka yang mempunyai penyakit diabetes type 1 yang setiap hari menjalani terapi insulin.

Baca Juga  Apakah Benar Ketombe Bisa Menular ?

Penelitian ini melibatkan berbagai jenis anjing untuk mendeteksi adanya hipoglikemi, diantaranya anjing jenis retriever, labradors, siberian husky, spaniel dan elsass.

Caranya dengan mengambil sampel keringat pasien yang mengidap hipoglikemi dan keringat saat gula darah normal. Kemudian sampel ini dimasukkan ke dalam botol kaca dan kaleng baja. Dari kegiatan ini ternyata anjing-anjing tersebut mendorong kaleng yang berisi keringat pasien hipoglikemi. Keakuratan para anjing-anjing ini berdasarkan penelitian adalah 87,5 persen.
Orang yang mengalami hopoglikemi biasanya ditandai dengan badan lemas, keringat dingin dan bisa sampai penurunan kesadaran. Pada kasus hipoglikemi yang ringan bisa di atasi dengan makan yang banyak mengandung karbohidrat. Namun pada kasus yang berat sampai penurunan kesadaran maka bisa diberikan cairan D40 atau D10 yang dimaukkan lewat intra vena di rumah sakit.

Baca Juga  Sering Berkeringat Pada Malam Hari

Banyak orang yang tidak menyadari dirinya mengalami hipoglikemi. Dengan kemampuan anjing untuk mencium kondisi hipoglikemi seseorang, maka keberadaan anjing bisa  menjadi alternatif untuk mendeteksi kondisi hipoglikemi sedini mungkin.

 

Artikel Terkait : Solusi Hidup Sehat Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *