Angka Kerusakan Gigi Pada Anak Terus Meningkat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kerusakan gigi memang erat kaitannya dengan anak-anak. Meskipun demikian, kerusakan gigi bukanlah hal yang lumrah dan harus kita biarkan begitu saja. Menurut para pakar, saat ini angka kerusakan gigi pada anak terus meningkat. Mengapa hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : kompasiana.com

Ternyata penyebabnya adalah karena pola makan anak-anak kita yang terbilang buruk. Banyak kalangan anak-anak yang sangat suka mengkonsumsi makanan yang manis. Kondisi ini diperburuk dengan malas menggosok gigi.

 
Meningkatnya angka kerusakan gigi pada anak terbukti dalam sebuah data dari sebuah ahli bedah yang berasal dari Inggris yang menyebutkan dalam kurun satu tahun kemarin saja sudah melakukan 40.800 pembedahan untuk mencabut gigi anak yang rusak. Kasus ini juga terjadi pada anak sampai usia remaja.

Baca Juga  Jangan Sembarangan Berkonsultasi Dokter Secara Online

Baca Juga : Tips Merawat Gigi Susu Pada Anak

Dengan jumlah kasus pertahun yang mencapai 40.800, maka bisa dirata-rata perhari mereka bisa melakukan pencabutan gigi sebanyak 161 kasus. Kondisi ini baru terjadi di negara maju seperti Inggris, bagaimana dengan negara-negara lainnya ?. Menurut para pakar tentunya angka tersebut akan lebih banyak di negara-negara berkembang.

Menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa banyaknya kasus pencabutan gigi yang terjadi pada kalangan anak disebabkan karena adanya kerusakan gigi. Kerusakan tersebut bisa berupa gigi keropos, berlubang yang merupakan penyebab utama seorang anak datang ke rumah sakit dan meminta untuk dicabut gigi.

Baca Juga  Tips Untuk Pria Yang Tak Bisa Membuat Istrinya Hamil

Yang disayangkan adalah jenis makanan untuk anak-anak yang ternyata sangat tinggi kandungan gula. Kondisi inilah yang menurut para pakar kesehatan memicu kerusakan gigi pada anak disamping kebiasaan buruk malas sikat gigi.

Menyikapi hal ini, maka orang tua mempunyai peranan yang sangat penting mencegah kerusakan gigi pada anak. Jangan biarkan anak kita terlalu sering mengkonsumsi makanan yang manis. Selain itu ajarkan kepada anak untuk rajin sikat gigi terutama sebelum tidur. Yang tidak kalah penting adalah rutin melakukan pemeriksaan gigi secara berkala ke dokter gigi.

Baca Juga  Apa Penyebab Orang Tidur Mendengkur ?

Artikel Terkait :Dampak Negatif Anak Yang Sering Ngedot Sebelum Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *