Anak Yang Tidur Bersama Orang Tua Bisa Menyebabkan Mudah Depresi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tidur disamping anak merupakan hal yang sangat membahagiakan bagi para orang tua. Namun tahukah anda berdasarkan sebuah hasil studi menyebutkan kalau anak yang tidur bersama orang tua bisa menyebabkan mudah depresi.

 

Studi tentang hal ini dilakukan di negara Nrazil dengan melibatkan 3.583 anak yang berusia antara 3 sampai 6 bulan. Hasil dari studi ini juga sudah dipublikasikan dalam sebuah jurnal yang bernama Journal of Affective Disorders.

tidur-bersama-anak

sumber gambar : http://www.spreibantal.com/

 

Dalam melakukan studi tersebut, para peneliti memberikan perlakukan dengan cara membagi semua anak menjadi empat kelompok. Mereka terbagi menjadi kelompok anak yang :

Baca Juga  Tips Mencegah Rasa Nyeri Bulanan Dengan 4 Langkah Mudah

 

·        Tidak pernah tidur bersama orang tua

·        Mereka tidur bersama orang tua hanya pada waktu kecil

·        Anak yang dalam waktu dekat ini sudah tidak lagi tidur bersama orang tua

·        Dan yang terakhir adalah anak yang tidak bisa tidur tanpa pendampingan orang tua

Dari hasil studi tersebut diketahui kalau anak yang tergolong dalam kelompok tidak bisa tidur tanpa pendampingan orang tua diketahui memiliki resiko depresi lebih tinggi dibandingkan dengan ketiga kelompok lainnya.

Baca Juga  Ini Alasan Minum Obat Tidak Boleh Bersamaan Minum Susu

 

Meskipun demikian, para peneliti mengatakan tidur bersama dengan orang tua bukan menjadi penyebab utama seorang anak memiliki resiko yang tinggi untuk depresi. Ada faktor lain yang juga mempengaruhi misalnya masalah ekonomi keluarga.

Baca Juga : Waktu Terbaik Seorang Anak Memulai Untuk Tidur Malam

Meskipun hasil studi menyebutkan hal yang demikian, para Akademi Dokter Anak Amerika justru menganjurkan kepada para orang tua yang mempunyai bayi untuk tidur bersama sampai usia bayi enam bulan. Namun tetap disarankan untuk memisahkan ranjang anak dengan orang tua.

Baca Juga  Jenis Olahraga Yang Disarankan Bagi Penderita Asma

 

Melakukan tidur bersama sang buah hati yang masih bayi mempunyai banyak resiko. Hal yang paling sering terjadi adalah bayi ditimpahi oleh tubuh orang tua tanpa disadari.

Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Bisa Tidur Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *