Anak Yang Selalu Sarapan Bergizi, Bisa Meningkatkan Prestasi Akademik Sampai Empat Kali Lipat

header niko 728 x 90

pentingnya sarapan bagi anak

InspirasiBersama.com – Secara kesehatan sarapan pagi sangat penting bagi tubuh kita. Hal itu tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa yang akan memulai bekerja saja, namun bagi anak-anak juga sangat baik. Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa anak yang rajin melakukan sarapan sebelum berangkat sekolah akan meningkatkan prestasi akademik di sekolah.
Pada tahun 2013 seorang dokter spesialis anak yang bernama dr I gusti Lanang Sidiartha dan dr Putu Ayu Widyanti melakukan sebuah pengamatan pada anak usia 6-12 tahun. Hasil dari pengamatan tersebut menyebutkan bagi anak yang selalu sarapan pagi sebelum berangkat sekolah sangat mempengaruhi prestasi akademik anak di sekolah.

Baca Juga  Benarkah Daging Organik Mengandung Lemak Baik Lebih Banyak ?

Namun para peneliti mengatakan, sarapan yang dimaksud disini adalah bukan sekedar makan saja. Tetapi orang tua harus memperhatikan nilai gizi yang dikonsumsi anak saat sarapan. Berikan menu sarapan yang bergizi tinggi dan banyak mengandung nutrisi lengkap yang sangat dibutuhkan bagi otak.

Jika menu sarapan bergizi mampu diterapkan orang tua pada menu sarapan anak kita, maka menurut para peneliti akan mampu meningkatkan prestasi akademik anak sampai empat kali lipat dibandingkan anak yang tidak sarapan dengan menu bergizi.

Baca Juga  Ternyata Morning Sickness Mampu Menurunkan Resiko Keguguran Pada Wanita Hamil

Maksud dari bergizi disini adalah mengandung unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral serta air yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan anak. Dengan menu sarapan yang bergizi maka membuat anak kita menjadi lebih bersemangat dan meningkatkan kemampuan otak untuk berfikir dan mengingat pelajaran di sekolah. Selain berdampak pada prestasi akademik anak, menu makanan bergizi juga meningkatkan prestasi olahraga anak. Artinya anak akan lebih semangat beraktivitas dan mengikuti kegiatan olahraga di sekolah dengan baik.
Artikel Terkait : Manfaat Sering Membacakan Buku Cerita Bagi Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *