Anak Yang Rewel Bisa Disebabkan Karena Kurang Tidur

header niko 728 x 90

anak rewel

InspirasiBersama.com – Bagi seorang ibu tentunya pernah merasakan anaknya rewel. Tentu hal ini akan membuat sang ibu menjadi capek dan marah. Ternyata anak yang rewel bisa disebabkan karena kurang tidur.

Ini menunjukkan bahwa tidur bukan hanya sangat penting bagi kesehatan fisik saja, namun juga sangat berpengaruh pada emosional anak. Kalau anak merasa kurang waktu tidur, maka bisa memicu untuk rewel.

Bahkan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan yang berasal dari Universitas Houston menyebutkan bahwa seorang anak yang sering mengalami kurang tidur bisa menyebabkan mudah depresi dan sering cemas.

Baca Juga  Apa Tandanya Kalau Kita Mengalami Serangan Jantung ?

Anak yang rewel bisa menjadi indikasi terganggunya emosional yang disebabkan karena kurang waktu tidur. Selain itu anak yang kurang tidur juga akan mengalami kurang aktif dan cenderung mengalami gangguan kecemasan.

Oleh karena itu, para pakar sangat menyarankan kepada orang tua untuk tidak hanya memperhatikan kebutuhan gizi saja. Kebutuhan akan istirahat tidur juga sangat penting bagi perkembangan fisik dan emosional anak.

Banyaknya anak yang rewel mungkin disebabkan karena masih banyak para orang tua yang kurang faham tentang waktu tidur anak. Bagi seorang bayi yang baru lahir sampai usia 12 bulan membutuhkan 14-15 jam waktu tidur dalam sehari. Kalau usia sudah mencapai 1-3 tahun maka kebutuhan waktu tidur akan berkurang menjadi 12-14 jam dalam sehari.

Baca Juga  Tips Agar Tidak Sering Terbangun Dari Tidur Untuk Pipis di Malam Hari

Kebutuhan jam tidur akan semakin berkurang seiring bertambahnya usia anak. Jika anak sudah menginjak usia 3-6 tahun maka kebutuhan tidurnya sekitar 10-12 jam. Jika usia anak sudah mencapai 7-12 tahun maka hanya membutuhkan waktu tidur selama 10 jam. Nah jika sudah lebih dari 12 tahun, maka kebutuhan tidur akan sama dengan orang dewasa sekitar 8 jam sehari.

Jika jika anda mempunyai seorang anak yang suka rewel, maka bisa saja disebabkan karena hal yang dianggap sepele yaitu kurang waktu tidur. Coba orang tua menghitung waktu tidur masing-masing anaknya agar bisa memberikan waktu tidur yang cukup bagi anak.

Baca Juga  Buah Mahkota Dewa Asal Papua Ternyata Ampuh Mengatasi Sakit Kepala

Artikel Terkait : Tips Agar Bayi Kita Bisa Tidur Dengan Berkualitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *