Anak Yang Malas Beraktivitas Beresiko Sakit Jantung

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Terkadang sebagai orang tua lebih suka saat melihat anak anteng di dalam rumah. Padahal berdasarkan hasil studi menyebutkan bahwa anak yang malas beraktivitas meningkatkan resiko sakit jantung.

 

Studi tentang hal ini dilakukan oleh para peneliti yang berasal dari University of Eastern Finland yang menyebutkan bahwa resiko penyakit jantung sebenarnya bisa dideteksi sejak dini saat usia anak-anak.

sumber gambar : http://www.kesekolah.com

Salah satu resiko yang tinggi pada anak yang malas beraktivitas fisik. Kondisi ini akan membuat pembuluh darah anak menjadi lebih kaku dan keras yang memungkinkan terjadinya sumbatan aliran darah.

Baca Juga  Ternyata Berat Badan Bayi Juga Bisa Dipengaruhi Oleh Besar Kecilnya Botol Susu

Baca Juga : Bisakah Seorang Anak Mengalami Kadar Kolesterol Yang Tinggi ?

 

Untuk membuktikan hal ini, dalam studi tersebut para peneliti telah melibatkan 136 anak yang berusia antara 6-8 tahun. Diketahui bahwa anak yang hanya melakukan aktivitas fisik kurang dari 68 menit sehari meningkatkan resiko memiliki tekstur pembuluh darah yang lebih keras.

 

Kita tahu bahwa pembuluh darah yang lancar menjadi kunci kesehatan jantung dan beberapa organ vital lainnya. Saat pembuluh darah menjadi lebih keras, maka sangat rentan mengalami aliran darah yang tidak lancar. Bahkan kondisi ini bisa berlanjut sampai pada tersumbatnya pembuluh darah yang memicu serangan jantung dan penyakit stroke.

Baca Juga  Ternyata Romantis Bersama Pasangan Bisa Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

 

Bukan hanya itu saja, anak yang malas melakukan aktivitas fisik akan cenderung memiliki berat badan yang berlebih yang memicu obesitas. Saat obesitas sudah terjadi, maka rentan untuk terkena penyakit diabetes tipe II. Jangan anggap penyakit diabetes hanya bisa menyerang orang dewasa saja, seorang anak juga bisa.

Artikel Terkait : Bahaya Seorang Anak Mengalami Obesitas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *