Alasan Tidak disarankan Membeli Obat Secara Online

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi anda yang suka berbelanja secara online, tidak disarankan untuk tidak membeli obat secara online. Anda boleh saja membeli barang secara online selain obat, anda bisa membeli baju, tas, sepatu, mukenah dll. Ada banyak alasan mengapa tidak disarankan untuk membeli obat secara online.

 

Mengapa anda tidak disarankan untuk membeli obat secara online ?. Menurut BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) hal ini disebabkan karena obat yang dijual secara online memiliki sumber yang belum jelas. Dengan ketidak jelasan itu besar kemungkinan obat yang dijual ilegal. Bukan hanya itu saja obat yang dijual bisa juga palsu.

beli-obat-online

sumber gambar : republika.co.id

Menyikapi hal yang demikian jika kita hendak membeli obat, sebaiknya membeli secara offline dengan datang langsung ke apotik. Dengan datang langsung ke apotik kita bisa menanyakan kepada apoteker tentang efek samping obat yang mungkin bisa terjadi. Hal ini tidak bisa kita lakukan secara online.

Baca Juga  Benarkah Setelah Makan Tidak disarankan Untuk Berenang ?

 

Kelemahan lain kalau kita membeli obat secara online adalah pembeli akan kurang mendapatkan informasi tentang cara pemakaian, dosis yang dianjurkan dan tentu saja efek samping yang bisa ditimbulkan. Dengan ketidak jelasan itu bisa saja obat yang dibeli secara online tidak mengobati jenis penyakit yang kita derita.

Yang paling berbahaya jika kita membeli obat secara online adalah obat yang dijual adalah palsu. Kalau sudah begini, maka konsumen sangat dirugikan. Selain penyakit yang tak kunjung sembuh, mengkonsumsi obat palsu bisa menyebabkan infeksi bakteri atau bahkan bisa menyebabkan kematian.

Baca Juga  Inilah Alasan Menstruasi Bisa Mempengaruhi Gairah Seks Wanita

Baca Juga : Apa Yang Akan Terjadi Jika Minum Obat Yang Palsu ?

 

Ternyata obat yang didistribusikan lewat online tidak termasuk jalur yang legal. Seharusnya obat yang berasal dari sebuah pabrik pembuat obat langsung didistribusikan ke sebuah pedagang besar yang kemudian didistribusikan lagi ke pelayanan kesehatan, sebagai contoh adalah apotek.

Sumber : Kompas.com

Baca Juga  Apa Tandanya Kalau Kontrasepsi Yang Kita Gunakan Tidak Cocok ?

Artikel Terkait : Tips Mengenali Obat Yang Kadaluwarsa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *