Alasan Remaja Beresiko Besar Tertular HIV

header niko 728 x 90

pacaran pada remaja

InspirasiBersama.com – Berdasarkan sebuah data yang dilansir oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tentang angka penderita HIV pada remaja sebanyak 28.060 remaja (sebanyak 15,2 persen). Ada sekitar 2089 remaja yang sudah menjadi AIDS. Data ini menunjukkan tingginya angka remaja Indonesia yang terinfeksi HIV.

Menurut Kemenkes, rata-rata penularan HIV pada remaja terjadi karena hubungan seks yang beresiko HIV. Untuk penularan dari jarum suntik angkanya sangat sedikit.
Angka penularan HIV pada remaja diakibatkan oleh kurangnya pengetahuan para remaja akan penyakit HIV. Para remaja harus dibekali informasi tentang pendidikan seks yang sehat serta bahaya penyakit HIV.

Baca Juga  Konsumsi 4 Makanan Ini Jika Ingin Awet Muda

Memang saat mereka berusia muda akan mengalami masa pubertas dimana akan muncul rasa ketertarikan pada lawan jenis. Saat itu remaja mulai merasakan jatuh cinta, pacaran, dan keinginan untuk seks.

Para remaja cenderung tidak bisa mengendalikan diri sehingga terjerumus pada perilaku seks yang tidak sehat sehingga rentan akan penularan penyakit HIV. Disini peran sekolah dan orang tua sangatlah penting. Sekolah dituntut untuk bisa memberikan pendidikan seks yang sehat yang bisa menghindarkan para remaja untuk melakukan seks bebas yang beresiko HIV.

Baca Juga  Benarkah Kadar Testosteron Yang Tinggi Pada Pria Bisa Mendongkrak Lebih Murah Hati ?

Selain itu para remaja dituntut untuk banyak melakukan kegiatan yang positif sehingga tidak terjerumus pada perilaku yang menyimpang. Semoga dengan artikel ini bisa memberikan pemahaman kepada para remaja akan pentingnya pengetahuan seks yang sehat sehingga terhindar dari penyakit HIV.

 

Artikel Terkait : Bahaya Serius Berhubungan Seks Dengan Pengidap HIV

 

Baca Juga  Sering Mengalami Kurang Tidur Akan Menyebabkan Rasa Empati Luntur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *