Alasan Mengapa Vagina Wanita Bisa Kering

header niko 728 x 90

vagina kering

InspirasiBersama.com – Mengalami vagina yang kering tentu sangat mengganggu dalam urusan. Mereka akan merasakan sakit saat berhubungan seks karena kurangnya pelumas. Namun biasanya keringnya vagina baru terjadi pada usia menopause. Meskipun demikian tidak menutup kemungkinan vagina yang kering juga bisa terjadi pada wanita yang masih muda oleh karena beberapa alasan.

Masalah vagina yang kering kebanyakan disebabkan oleh masalah hormonal. Artinya seorang wanita yang mengalami vagina kering biasanya mengalami kadar hormon estrogen yang menurun.

Pada bagian vula vagina terdapat dua reseptor hormon yang sangat sensitif yaitu reseptor testosteron dan estrogen. Dengan komposisi kedua hormon yang baik, maka akan membuat aliran darah ke organ intim menjadi lebih lancar. Kurangnya aliran darah pada area organ intim wanita bisa menyebabkan tidak keluarnya cairan pelumas yang menyebabkan vagina dalam kondisi yang kering.

Berikut beberapa alasan mengapa vagina wanita bisa kering :
1. Menopause

Kondisi pertama yang menyebabkan vagina menjadi kering adalah menopause. Pada saat menopause seorang wanita akan mengalami penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Turunnya kadar estrogen akan membuat vagina menjadi kurang elastis, tipisnya jaringan pada vagina dan kering.

Baca Juga  Tidak disarankan Memposting 3 Foto Ini di Media Sosial

Secara normal kondisi menopause pada wanita bisa terjadi pada usia 45 tahu ke atas. Namun sekarang ini banyak para wanita yang mengalami menopause meskipun usia masih 30 tahunan. Tanda awal seorang wanita mengalami menopause adalah terjadinya vagina atrifi atau genitourinari menopause.
2. Metode kontrasepsi hormonal

Bagi seorang wanita yang baru saja menggunakan kontrasepsi pil KB, biasanya sering mengalami kekeringan pada vagina. Namun tidak semua wanita yang memilih kontrasepsi pil KB akan merasakan vagina menjadi kering.

Sifat dari kontrasepsi pil KB yang membuat kadar estrogen seorang wanita menjadi menurun membuat kondisi vagina wanita cenderung lebih kering. Kondisi ini sering terjadi pada paruh kedua siklus menstruasi seorang wanita.

Baca Juga : Penyebab Sering Merasa gatal Pada Area Organ Intim Wanita

3. Sedang menyusui

Seorang wanita yang sedang menyusui juga sangat rentan mengalami kondisi vagina yang kering. Hal ini disebabkan karena saat wanita menyusui akan menyebabkan hormon prolaktin tinggi yang bersifat menekan produksi hormon estrogen yang dihasilkan oleh ovarium. Disamping itu hormon prolaktin juga bisa menyebabkan meningkatnya kadar progesteron dalam tubuh wanita.
4. Kondisi kesehatan tertentu

Baca Juga  Efek Suka Memakai Sepatu Tanpa Kaos Kaki

Dalam kondisi penyakit tertentu seperti penyakit autoimun bisa menyebabkan kondisi vagina menjadi kering. Hal ini disebabkan karena pada kondisi tersebut akan menyebabkan vagina kekurangan cairan. Kondisi kering ini bukan hanya terjadi pada vagina saja, tetapi juga terjadi pada mata dan mulut penderita penyakit autoimun.
5. Beberapa jenis obat

Ada beberapa jenis obat yang ternyata bisa menyebabkan vagina menjadi kering. Golongan obat tersebut adalah antikolinergik yang mempunyai khasiat untuk menyembuhkan gangguan pada kandung kemih dan mengatasi keringat yang keluar secara berlebihan.

Beberapa jenis obat lain ternyata juga bisa memicu keringnya vagina seperti obat antihistamin dan obat kanker payudara.
6. Dermatitis

Penyebab vagina wanita menjadi kering selanjutnya adalah munculnya masalah dermatitis atau infeksi yang terjadi pada kulit. Kondisi ini biasanya akan memunculkan rasa gatal dan bercak putih pada kulit yang bisa menyebabkan kondisi vagina ikut mengering.
7. Masalah gairah

Baca Juga  Bahaya Menggunakan Bahan Kosmetik Yang Mengandung Timbal Berlebihan

Seorang wanita yang mengalami masalah pada gairah seks juga bisa menyebabkan vagina mengalami masalah kekeringan. Seorang wanita yang mengalami gangguan gairah seks bisa disebabkan karena beberapa hal misalnya pemanasan yang kurang, stres dan kondisi hormon yang tidak seimbang.
8. Tampon

Banyak wanita yang tidak menyadari kalau tampon yang sering dilakukan oleh wanita juga bisa memicu vagina menjadi kering. Fungsi dari tampon memang untuk menyerap darah saat menstruasi, tetapi ternyata tampon juga bisa menyerap kelembaban vagina yang terjadi secara alami.

Artikel Terkait : Mengapa Organ Intim Mempunyai Bau Yang Khas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *