Alasan Mengapa Vagina Menjadi Kering

header niko 728 x 90

penyebab vagina kering

InspirasiBersama.com – Sering kita menjumpai seseorang wanita yang mengeluh organ intimnya menjadi kering. Sehingga saat dia melakukan hubungan intim menjadi kurang nyaman. Hal ini bisa menjadi tanda sebuah penyakit yang terjadi pada tubuh kita.

Secara alami tubuh kita sebenarnya memberikan tanda dan gejala apabila terdapat sebuah masalah yang tidak beres pada tubuh kita. Misalnya saat vagina menjadi kering, ini menjadi tanda sebuah masalah kesehatan pada tubuh kita. Biasanya ini terjadi akibat seorang wanita stres sehingga mempengaruhi keseimbangan keasaman vagina.

Secara normal vagina wanita berada pada posisi basah bukan kering. Apabila hal ini terjadi tentu sangat mengganggu kenyamanan dalam berhubungan karena tidak adanya lubrikasi yang membuat rasa sakit.

Baca Juga  Ternyata Berpuasa Bisa Menurunkan Resiko Kanker Payudara

Berikut beberapa penyebab mengapa vagina menjadi kering :

– Masalah ovulasi
Normalnya saat wanita mengalami ovulasi vagina akan berada pada posisi basah dan terdapat mucus yang keluar. Apabila vagina kita mengalami kering, berarti ada masalah pada ovulasi

– Sabun antiseptik
Salah satu penyebab vagina menjadi kering adalah seringnya menyabun menggunakan sabun antiseptik. Hal ini bisa membuat vagina kita menjadi kering.

Baca Juga  Ada Dua Jenis Model Cincin Kawin Yang Banyak dipilih Pasangan Indonesia

– Gangguan tiroid
Saat anda mempunyai penyakit tiroid, maka akan berpengaruh pada gairah seks yang menurun. Bahkan saat terjadi hipotiroid maka akan bisa mengganggu keseimbangan hormon wanita sehingga akan mempengaruhi basah atau keringnya vagina.

– Setelah melahirkan dan menyusui
Saat anda melahirkan dan menyusuai anak, biasanya vagina akan menjadi kering karena adanya penurunan jumlah hormon semasa hamil.

– Stres
Saat kita mengalami stres yang berlangsung lama atau kronik, maka akan mempengaruhi keseimbangan hormonal. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada keringnya vagina.
– Menopause
Saat seseorang mengalami menopause, maka akan mengalami penurunan hormon estrogen. Sehingga akan bisa mempengaruhi keseimbangan hormon wanita yang bisa membuat vagina menjadi kering.

Baca Juga  Bagaimana Cara Mengatasi Mudah Ngantuk Saat Puasa Ramadhan ?

 

Artikel Terkait : Keputihan Bukan Satu-satunya Masalah Pada Vagina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *