Alasan Mengapa Obat Kumur Yang Mengandung Alkohol Perlu dihindari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Pastinya anda bertanya-tanya mengapa obat kumur yang mengandung alkohol kurang disarankan untuk digunakan ? Ternyata jawabnya adalah karena dalam sebuah hasil studi yang sudah dilakukan diketahui kalau sering menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol bisa memicu kanker mulut.

 

Penelitian tersebut ternyata sudah lama dilakukan yaitu sejak tahun 1970-an. Sekarang ini banyak para ilmuwan yang mencoba melakukan studi ulang adanya hubungan antara penggunaan obat kumur mengandung alkohol dengan munculnya kanker mulut.

bahaya-obat-kumur-beralkohol

sumber gambar : http://www.kesehatangigiku.com/

Dalam studi kali ini para peneliti melibatkan orang dengan jumlah yang lebih besar. Para peserta diketahui mempunyai kebiasaan sering minum alkohol dan merokok. Hal ini untuk membuktikan mana yang lebih terkait memicu kanker mulut.

Baca Juga  Kisah Anak Usia 4 Tahun Mengalami Keriput Seperti Usia 80 Tahun

 

Meskipun secara pasti belum terbukti kalau obat kumur beralkohol menyebabkan kanker mulut, namun para pakar kesehatan mengatakan kalau sering menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol bisa menyebabkan masalah mulut yang lain.

Baca Juga : Penyebab Mulut Kering dan Cara Mengatasinya

 

Kalau kita berbicara tentang obat kumur, maka kita tidak asing lagi dengan istilah mouthwash. Menurut para pakar seharusnya mouthwasrh tidak mengandung unsur alkohol. Masuknya alkohol dalam mulut bisa memicu dehidrasi dan menganggu keseimbangan bakteri baik dalam mulut.

Baca Juga  Orang Yang Bekerja Tidak Sesuai Dengan Kepribadian Akan Memicu Stres

 

Bagi anda yang suka menggunakan obat kumur, maka disarankan untuk tidak memilih jenis obat kumur yang mengandung alkohol. Semakin sering kita menggunakan obat kumur beralkohol, maka akan menyebabkan banyak bakteri baik dalam mulut kita mati.

 

Sebenarnya menurut para pakar, menggunakan obat kumur terlalu sering  setelah kita melakukan sikat gigi tidak perlu dilakukan. Anda cukup melakukan sikat gigi saja secara rutin setelah makan.

Baca Juga  Alasan Mereka Yang ‘Jomblo’ Merasa Lebih Bahagia

 

Namun bagi anda yang sedang mengalami gangguan pada mulut seperri sariawan, karang gigi atau sakit gigi boleh menggunakan obat kumur, namun usahakan jangan yang mengandung alkohol.

Sumber : tribunnews.com

Artikel Terkait : Bahaya Jika Hanya Sekali Menyikat Gigi Dalam Sehari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *