Alasan Mengapa Kita Harus Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

header niko 728 x 90

bahaya darah tinggi

Tahukah kita bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyebab utama timbulnya penyakit jantung dan stroke. Untuk itulah kita akan membahas mengapa penting sekali menurunkan tekanan darah yang tinggi.

Berapa sich tekanan darah dikatakan hipertensi ? jika tekanan darah diatas 140/80 maka dikatakan hipertensi. Namun pada usia lanjut tensi segitu masih terbilang normal karena usia lanjut cenderung untuk lebih tinggi. Untuk itu sangat disarankan kita rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

 
Hal ini sudah pernah dilakukan penelitian yang dilakukan oleh The National of Health yang melibatkan 9.300 orang yang berusia 50 tahun. Mereka yang mengalami hipertensi akan diturunkan dengan menggunakan obat. Hasilnya adalah mereka yang tekanan darahnya berhasil turun, resiko terkena penyakit jantung dan stroke menjadi lebih rendah dari pada mereka yang tekanan darahnya tetap tinggi.

Baca Juga  Tips Mengenali Bahasa Tubuh Pria Yang Ingin Bercinta

 
Tekanan darah tinggi, memang bisa diturunkan dengan mengunakan obat. Tetapi para ahli tetap merekomendasikan untuk mengatur pola hidup kita. Tetapi pada kasus hipertensi berat, maka pertolongan obat tidak bisa dihindari karena pertimbangan bahaya yang ditimbulkan jika tekanan darah tetap berada pada kondisi yang tinggi.

Hipertensi merupakan penyakit yang sangat erat dengan pola hidup seseorang. Penyebab terbesar dari hipertensi adalah konsumsi makanan yang banyak mengandung garam. Jika kita teliti maka banyak sekali makanan yang beredar yang banyak mengandung garam. Bisa terdapat pada makanan kemasan dan minuman berenergi.

Baca Juga  Ini Manfaat Jika Bekerja Sering Berdiri Dapat Menurunkan Resiko Obesitas

Konsumsi garam normal dalam sehari adalah dibawah 2 gram. Jika kita mampu membatasi asupan makanan yang mengandung garam 2 gram perhari, maka kita akan terhindar dari penyakit hipertensi, jantung dan stroke.

Selain mengurangi konsumsi garam, olahraga selama 30-40 menit perhari juga sangat dianjurkan. Sayuran yang banyak mengandung nitrat juga sangat penting untuk menjaga agar pembuluh darah tetap lebar dan lancar.

Baca Juga  Tips Mencegah Penularan MERS Saat Ibadah Haji

 

 
Artikel Terkait : Manfaat Semut Jepang Bagi Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *