Alasan Kulkas Menjadi Tempat Menyimpan Makanan Yang Paling Baik

header niko 728 x 90

menyimpan makanan dalam kulkas

InspirasiBersama.com – Pada jaman modern sekarang ini banyak orang menggunakan kulkas untuk menyimpan makanan. Kemajuan teknologi ini memberikan kita banyak manfaat yaitu dengan menyimpan makanan dalam kulkas yang bisa membuat makanan lebih awet dan menghindarkan dari munculnya bakteri yang menyebabkan basi. Mengapa kulkas menjadi tempat menyimpan makanan yang paling baik ?

Sering kali kita melihat seseorang yang bekerja dengan membawa bekal makanan. Atau ketika anak sekolah yang membawa bekal makanan untuk dimakan saat istirahat tiba. Sering kali mereka menyimpan makanan dalam sebuah wadah dan ditempatkan pada laci kerja atau bangku sekolah. Ternyata kebiasaan ini bisa memunculkan bakteri dalam makanan kita.

Menurut para ahli, menyimpan makanan selama berjam-jam dalam suhu ruangan sangat berpotensi membuat pertumbuhan bakteri dalam makanan. Adapun jenis bakteri yang sering muncul adalah E.coli, salmonella dan listeria. Jika banyak jenis bakteri ini masuk dalam tubuh kita, maka bisa menyebabkan tubuh kita sakit dan bisa jadi keracunan.

Baca Juga  Indikasi Anda Harus Melakukan Diet Karbohidrat

Baca Juga : Benarkah Makanan Yang Berjamur Aman Untuk dikonsumsi ?

Ada beberapa tanda dan gejala mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri diantaranya munculnya rasa mual, muntah, diare dan perut terasa kram. Gejala ini biasanya akan muncul setelah enam sampai 12 jam setelah makan.

Mengapa hal ini dinilai sangat penting ?. Berdasarkan data yang disebutkan olah CDC menyebutkan bahwa ada banyak kasus penyakit yang bisa sampai berujung pada kematian yang disebabkan karena kontaminasi bakteri yang masuk lewat makanan.

Baca Juga  Emosi Berpengaruh Pada Berat Badan Seseorang

Jika anda sekarang ini merasa sering melakukan menyimpan makanan dalam beberapa jam dalam suhu ruangan dan tidak menimbulkan gejala pada kesehatan, mungkin saat ini kekebalan tubuh anda dalam kondisi yang baik. Namun suatu ketika saat kekebalan tubuh sedang menurun, maka akan sangat mudah menyebabkan tubuh kita menjadi sakit. Terlebih jika dibarengi dengan munculnya berbagai jenis penyakit seperti diabetes, kanker atau penyakit autoimun.

Untuk menghindari hal yang demikian, maka para ahli sangat merekomendasikan untuk menyimpan banyak jenis makanan dalam kulkas. Misalnya saja aneka sayuran, salad, sandwich, buah-buahan atau makanan lain yang bisa kita simpan dalam kulkas. Sangat disarankan untuk tidak menyimpan makanan lebih dari dua jam dalam suhu ruangan karena bisa memicu munculnya bakteri.

Baca Juga  Tips Mengenali Anak Yang Mengalami Trauma Setelah Mengalami Kekerasan Fisik

Jika anda mengkonsumsi makanan dan tidak habis, maka bisa menyimpannya dalam kulkas. Dengan suhu kulkas yang relatif dingin, maka membuat pertumbuhan bakteri menjadi terhambat sehingga makanan lebih awet dan sehat dibandingkan dengan kita biarkan saja pada suhu ruangan.

Artikel Terkait : Bagaimana Cara Mencuci Buah dan Sayur Yang Benar ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *