Alasan Kuat Mengapa Sangat disarankan Untuk Mengkonsumsi Alpukat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Salah satu buah yang kaya manfaat adalah alpukat. Meskipun kaya dengan manfaat, buah alpukat kerap dilanda mitos yang tidak benar. Salah satunya adalah makan buah alpukat akan menyebabkan kita gemuk karena banyak mengandung lemak. Padahal anggapan ini tidak benar. Ada banyak alasan kuat mengapa kita disarankan untuk rutin mengkonsumsi buah alpukat.

Di dalam buah alpukat memang terdapat kandungan lemak, namun yang perlu diketahui adalah lemak jenis sehat. Lemak ini sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh kita untuk menunjang banyak fungsi organ tubuh.

buah-alpukat

sumber gambar : manfaatbuahkesehatan.blogspot.com

Berikut ulasan secara detail mengapa alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin :

– Lemak sehat
Alasana kuat pertama alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin adalah mengandung lemak sehat tidak jenuh. Dengan kandungan seperti itu maka akan sangat bagus bagi kesehatan jantung dan mencegah kolesterol jahat naik. Yang perlu diperhatikan adalah jangan suka mengkonsumsi alpukat dengan tambahan gula karena bisa meningkatkan jumlah kalori dan kadar gula dalam darah.

Baca Juga  Beberapa Kebiasaan Yang Sama Buruknya Dengan Merokok

Baca Juga : Makanan Apa Saja Yang Bagus Menurunkan Kadar Kolesterol yang Tinggi

– Antioksidan
Alasan kuat kedua mengapa alpukat sangat disarankan untuk lebih sering dikonsumsi adalah karena banyak mengandung antioksidan. Kita tahu bahwa kandungan antioksidan yang tinggi akan sangat bagus bagi tubuh untuk mencegah berbagai penyakit termasuk kanker, menangkal radikal bebas dan membuat kita awet muda.

– Bervitamin
Di dalam buah alpukat ternyata juga kaya akan kandungan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Adapaun jenis vitamin tersebut adalah C, K, B5, B6 dan E.

Baca Juga  Tidak Baik Sering Memaksa Anak Untuk Menghabiskan Makanan

– Berprotein
Banyak orang yang tidak menyangka kalau dalam buah alpukat terkandung cukup banyak protein. Hal ini tentu sangat baik bagi kesehatan tubuh kita. Dalam setiap sajian 100 gr alpukat ternyata mengandung 2 gr protein.

– Bisa jadi alternatif membuat kue
Bagi anda yang suka membuat kue dan takut menggunakan bahan butter atau margarin, maka anda bisa memanfaatkan alpukat sebagai penggantinya. Dengan kandungan lemak sehatnya maka membuat alpukat aman untuk dibuat campuran kue.

– Penyerapan nutrisi
Alasan kuat selanjutnya mengapa alpukat sangat disarankan untuk dikonsumsi secara rutin adalah karena makan buah alpukat bisa membuat proses penyerapan nutrisi dalam tubuh kita berjalan lebih baik.

Baca Juga  Salah Mengolah Kentang Bisa Berbahaya Bagi Kesehatan

– Bagus untuk ibu hamil
Alasan kuat yang terakhir adalah karena alpukat kaya akan kandungan folat, maka sangat baik dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Folat bagi wanita yang hamil sangat dibutuhkan untuk menjaga bayi lahir dengan cacat otak.

Sumber : Kompas

Artikel Terkait : Beberapa Jus Yang Sangat Baik Menurunkan Berat Badan Berlebih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *