Akibat Minum Kopi Saat Perut Kosong

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Saat kita berangkat kerja dengan tergesa-gesa karena waktu yang mepet, biasanya sering kali melupakan sarapan pagi. Kondisi ini tentu akan membuat badan kita menjadi lemas. Tak jarang orang memilih minum kopi dengan harapan agar lebih berenergi dan berkonsentrasi dalam bekerja.

sumber gambar : http://tipssehatv.blogspot.co.id

Sayangnya minum kopi saat perut kita kosong berdampak kurang baik bagi kesehatan. Berikut beberapa akibat minum kopi saat perut kita kosong :

Menyebabkan asam lambung naik

Baca Juga  Ada 3 Jenis Kebiasaan Yang Bisa Membuat Metabolisme Tubuh Kita Melambat

Dampak yang pertama akibat minum kopi saat perut kosong adalah memicu naiknya asam lambung. Akibat dari kondisi ini akan menyebabkan rasa mual, mules dan gangguan pencernaan yang lain.

Membuat kita mudah stress

Ternyata minum kopi saat perut sedang kosong justru memicu mudah stres. Hal ini disebabkan karena efek dari kafein yang bisa membuat tekanan darah dan denyut jantung meningkat yang membuat kita mudah cemas dan stres. Selain itu efek kafein juga akan menyebabkan menurunnya hormon bahagia dalam tubuh kita.
Memicu gangguan hormon

Baca Juga  Ternyata Saat Virus Flu Menyerang Pria, Efeknya Lebih Berat Dibandingkan Saat Menyerang Wanita

Akibat yang ketiga jika minum kopi saat perut kosong adalah akan menyebabkan gangguan hormon. Salah satu jenis hormon yang terpengaruh adalah kortisol yang sangat penting dalam sistem sirkadian tubuh yang bisa mengontrol rasa ngantuk, saat bangun tidur dll.

Dengan demikian tidak disarankan untuk mengkonsumsi kopi pada saat perut kosong. Sebaiknya anda sarapan terlebih dahulu jika memang benar-benar ingin minum kopi di pagi hari.

Baca Juga  Manfaat Terapi Musik Bagi Bayi

Artikel Terkait : Inilah Yang Terjadi Saat Kita Mengkonsumsi Minuman Berenergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *