Akibat Jika Tidur Kurang Dari 6 Jam Pada Malam Hari

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Tidur yang cukup pada malam hari memang menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan. Dengan tidur yang cukup, maka akan bisa membuat fungsi regenerasi sel serta fungsi detoksifikasi alami tubuh berjalan dengan baik. Selain itu kalau jam tidur malam hari kita cukup, maka saat bangun pagi kita akan merasakan tubuh yang segar dan tentunya bersemangat.

sumber gambar : https://hellosehat.com

Bagaimana jika ternyata kita sering kali tidur kurang dari enam jam pada malam hari ? Berdasarkan sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa tidur kurang dari enam jam pada malam hari bisa meningkatkan resiko munculnya berbagai penyakit, seperti diabetes, obesitas, mudah depresi, stroke dan serangan jantung. Ada banyak faktor mengapa orang sering kali melakukan tidur malam kurang dari enam jam seperti adanya gangguan tidur seperti insomnia, nonton tv, masalah pekerjaan yang tak kunjung selesai dll.

Baca Juga  Benarkah Seorang Ibu Yang Obesitas Akan Mengalami Hambatan Dalam Pemberian ASI ?

Tak berhenti sampai disitu saja, dalam penelitian tersebut juga ditemukan bahwa mereka yang sering kurang tidur selama enam jam pada malam hari akan menyebabkan kemampuan kognitif yang juga menurun. Akibatnya adalah kemampuan konsentrasi, mengingat dan berpikir yang jernih menjadi menurun.

Mengapa kurang tidur juga bisa memicu obesitas ? Ternyata menurut para pakar kesehatan nutrisi mengatakan bahwa kurang tidur juga akan mempengaruhi kesimbangan hormon dalam tubuh, salah satunya adalah ghrelin, leptin dan kortisol yang mempunyai pengaruh dalam rasa lapar dan nafsu makan.

Baca Juga  Bahaya Jika Terlalu Lama Menggunakan Hight Heels

Artikel Terkait : Susahnya Menyembuhkan Insomnia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *