Agar ASI Lancar Seorang Ibu Harus Bahagia

header niko 728 x 90

agar asi lancar

InspirasiBersama.com – Memiliki ASI yang keluar dengan lancar dan dalam jumlah yang besar menjadi sebuah keberkahan tersendiri. Pasalnya banyak sekali kita menjumpai seorang ibu yang mengeluhkan ASI nya tidak lancar atau bahkan tidak keluar. Agar produksi ASI ibu lancar, maka sangat disarankan untuk memiliki perasaan yang bahagia.

Sering kali kita melihat seorang ibu yang mengalami ASI tidak lancar, mereka akan merasa khawatir dan panik karena tidak bisa menyusui anaknya. Ternyata justru dengan perasaan yang khawatir dan panik tersebut malah membuat produksi ASI terhambat.

Baca Juga : Benarkah Produksi ASI dipengaruhi Oleh Ukuran Payudara ?

Menurut para ahli, agar proses menyusui ASI secara eksklusif bisa dilakukan, maka kunci utamanya adalah seorang ibu tidak boleh stres. Seorang ibu yang menyusui dituntut untuk selalu bahagia agar produksi ASI menjadi maksimal.

Baca Juga  Dampak Sering Memakai Tas Jinjing Yang Berat Bagi Kesehatan Wanita

Secara umum ASI yang dihasilkan oleh seorang ibu sangat erat kaitannya dengan keseimbangan hormon dalam tubuh. Hormon yang dimaksud adalah prolaktin dan oksitosin. Untuk memproduski ASI seorang ibu membutuhkan jumlah hormon prolaktin yang cukup. Sedangkan untuk proses pengeluaran ASI sangat dipengaruhi oleh hormon aksitosin.

Kita tahu bahwa hormon dalam tubuh kita terutama oksitosin sangat erat kaitannya dengan suasana hati. Jika suasana hati seorang ibu menyusui bahagia, maka jumlah hormon oksitosin akan meningkat. Sebaliknya jika seorang ibu menyusui mengalami stres, maka produksi hormon oksitosin akan menurun yang berdampak pada proses pengeluaran ASI yang tidak lancar.

Baca Juga  Ini Bahaya Merokok Jika Dilakukan di Dalam Rumah

Selain itu sangat penting juga bagi ibu untuk mempersiapkan fisik dan mental yang dimulai saat hamil. Hal ini sangat penting untuk menjaga agar seorang ibu tidak stres saat masuk masa menyusui.

Disamping itu, untuk membuat seorang ibu merasa bahagia saat menyusui, maka dukungan dari suami dan keluarga sangat penting. Apabila suami dan keluarga tidak mendukung, mak seorang ibu akan sangat mudah stres.

Baca Juga  Mengapa Saat Rambut Kita Basah Terkena Hujan Sering Kali Menyebabkan Sakit ?

Bagi seorang ibu yang setelah melahirkan, sangat penting untuk memahami bahwa ASI merupakan makanan yang paling baik bagi bayi. Sangat disarankan untuk memberikan ASI kepada bayi yang baru lahir setidaknya sampai usia 6 bulan. Lebih bagus lagi jika sampai usia bayi dua tahun.

Artikel Terkait : Apa Manfaat Menyusui Bagi Ibu dan Bayi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *