Adakah Efek Samping Sering USG Bagi Wanita Hamil ?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Bagi seorang wanita hamil tentunya tak asing lagi dengan pemeriksaan ultrasound sonography. Saat kita melakukan pemeriksaan ke dokter, maka sudah pasti biasanya kita akan dilakukan USG untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan janin. Namun terkadang sebagian orang malah muncul sebuah kekhawatiran kalau seringnya USG pada wanita hamil bisa mempengaruhi perkembangan janin. Benarkah hal ini bisa terjadi ?

sumber gambar : http://efeksamping.com

Ternyata menurut para pakar kesehatan mengatakan bahwa USG pada wanita hamil tidak menyebabkan gangguan dan sangat aman. Hal ini disebabkan karena prinsip dari kerja USG adalah mengandalkan gelombang suara yang dipantulkan dan bukan sebuah radiasi. Saat kita di USG, maka gelombang suara yang ada di perut akan digambarkan dalam bentuk gambar dalam sebuah di layar monitor. Dengan adanya gambaran ini maka seorang dokter bisa melakukan analisa terhadap kesehatan serta perkembagan janin yang dikandung.

Baca Juga  Waspadai Katarak Jika Penglihatan Masih Kabur Meskipun Sudah Pakai Kacamata

Bukan hanya itu saja, melakukan USG bagi wanita hamil juga mempunyai manfaat guna mengetahui kondisi cairan ketuban dan plasenta. Hal ini bisa menjadi indikator adanya kelainan pada kehamilan.

USG tentunya mempunyai perbedaan dengan pemeriksaan kesehatan lain seperti foto rontgen atau CT Scan. Kedua pemeriksaan tersebut mengandalkan sebuah radiasi sinar guna mengetahui kondisi dalam tubuh manusia. Jadi kedua pemeriksaan ini tentunya memiliki efek samping bagi kesehatan.

Baca Juga  Benarkah Semangka Merah dan Kuning Mempunyai Manfaat Yang Berbeda ?

Jadi kesimpulannya adalah melakukan pemeriksaan USG bagi wanita hamil tidak menyebabkan efek samping yang bisa membahayakan kehamilan atau janin. Justru pemeriksaan ini sangat disarankan dilakukan secara rutin guna mendeteksi adanya gangguan kehamilan atau janin yang bisa membahayakan kesehatan ibu maupun janin yang dikandung.

Artikel Terkait : Apa Saja Yang Harus Diwaspadai Saat Hamil ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *