Adakah Efek Samping Memutar Tubuh Sampai Mengeluarkan Bunyi ?

header niko 728 x 90

memutar pinggang

InspirasiBersama.com – Memutar bagian tubuh yang kemudian memunculkan bunyi sering kali dilakukan oleh banyak orang. Mereka mengaku bahwa setelah melakukan hal tersebut terasa lebih nyaman dan meringankan rasa pegal yang dialami. Namun adakah efek samping bagi kesehatan memutar tubuh sampai mengeluarkan bunyi ?

Sebenarnya menggerakkan bagian tubuh atau memutar bagian tubuh sampai mengeluarkan bunyi merupakan hal yang lazim dilakukan oleh banyak orang. Kondisi ini biasanya dilakukan saat merasa kelelahan atau otot yang terasa kaku. Namun jika kita terlalu sering melakukannya tentu hal ini bisa saja menimbulkan efek samping bagi kesehatan.

Menurut para ahli mengatakan bahwa seseorang yang ketagihan melakukan cracking atau membunyikan bagian sendi tubuh bukan merupakan hal yang buruk, namun jika terlalu sering bisa berakibat buruk bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Apakah Penyakit Epilepsi Termasuk Menular ?

Saat seseorang memutar bagian tubuh terutama yang sering dilakukan pada bagian pinggang, maka akan membuat struktur di dalamnya yang terdiri dari ligamen, tendon dan banyak jaringan lunak akan bisa menyebabkan kerusakan.

Namun jika kita hanya sesekali melakukan memutar bagian tubuh dan kemudian memunculkan bunyi pada tulang, maka itu tidak menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah jika kita terlalu sering melakukannya.

Apa sebenarnya yang membuat suara saat kita memutar bagian tubuh ? Hal ini disebabkan karena bagian yang kita gerakkan adalah sendi yang kita tahu memiliki banyak komponen cairan dan gas yang mengandung nitrogen dan karbondioksida. Maka saat ada sebuah tekanan, maka akan membuat gas tersebut keluar dan menghasilkan sebuah suara ‘kretek’.

Baca Juga  Ciri-ciri Tubuh Banyak Mengandung Racun

Adakah cara lain yang lebih aman untuk membuat tubuh kita lebih rileks yang meregangkan kembali otot yang tegang ? Menurut para ahli ada cara lain yang lebih aman dibandingkan dengan kita memutar bagian tubuh sampai menghasilkan sebuah suara.

Caranya adalah dengan cara melakukan mandi terlebih dahulu dengan menggunakan air hangat. Setelah kita mandi maka bisa memulai untuk meregangkan tubuh dengan cara mengangkat tangan dan merentangkan ke atas atau bisa juga diletakkan pada pinggang. Setelah itu kita bisa melakukan gerakan membungkuk yang dilakukan secara perlahan dari sisi tubuh kiri ke kanan. Lakukan gerakan tersebut secara perlahan-lahan.

Baca Juga  Penyebab Penyakit Jantung Bisa Menyerang Usia Muda

Yang menjadi kesimpulan adalah dibolehkan memutar bagian tubuh sampai mengeluarkan suatu bunyi. Namun jangan lakukan terlalu sering ya karena bisa saja akan menyebabkan suatu cidera pada tulang punggung yang bisa berbahaya bagi kesehatan kita. Hal ini disebabkan karena pada bagian punggung terdapat banyak saraf yang mengatur banyak pergerakan organ tubuh.

Artikel Terkait : Perbedaan Antara Nyeri Pinggang Biasa Dengan Saraf Yang Kejepit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *