Ada Tes Kesehatan Yang Harus Dilakukan Pria Agar Selalu Bugar

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kalau kita mengamati secara kasat mata, seorang pria memang terlihat lebih kuat dibandingkan seorang wanita. Mereka kebanyakan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan identik dengan lebih kuat. Namun tahukah anda ternyata seorang pria rentan terkena penyakit berbahaya seperti jantung dan diabetes.

sumber gambar : http://sehat.link

Untuk menjaga agar tubuh pria tetap bugar, maka ada beberapa pemeriksaan rutin yang disarankan untuk dilakukan. Dengan melakukan pemeriksaan ini, diharapkan bisa mengetahui kondisi tubuh sehingga bisa menjaga tubuh tetap bugar :

1. Jantung
Bagi seorang pria sangat penting untuk melakukan pengecekan kesehatan jantung. Kita tahu semua bahwa penyakit jantung menjadi penyakit yang paling mematikan baik di Indonesia dan seluruh dunia. Ternyata seorang pria lebih rentan untuk terkena penyakit yang satu ini.
Melakukan cek tekanan darah secara rutin juga sangat dianjurkan bagi seorang pria dewasa. Tekanan darah yang normal 120/80 mmHg menjadi indikator kesehatan tubuh kita. Selain itu melakukan cek kadar kolesterol juga snagat penting untuk mengetahui resiko terjadinya penyakit jantung koroner.

Baca Juga  Pemicu Sering Pilek Selain Pada Musim Hujan

2. Usus Besar
Bagi seorang pria yang sudah berumur 50 tahu ke atas, maka disarankan secara rutin untuk melakukan pemeriksaan kesehatan usus besar. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan teknis kolonoskopi guna mengetahui kesehatan usus kita. Pemeriksaan ini juga penting untuk mendeteksi adanya kanker usus pada seorang pria.

3. Prostat
Selanjutnya ada pemeriksaan kesehatan prostat. Seorang pria yang berusia >50 tahun rentang untuk mengalami gangguan fungsi prostat. Oleh karena itu penting untuk melakukan pemeriksaan cek kesehatan prostat dengan menggunakan metode PSA (Prostate Specific Antigen).

Baca Juga  Mitos Yang Salah Tentang Metode Kontrasepsi

 

4. Darah
Pemeriksaan terakhir yang tak kalah penting bagi seorang pria untuk menjaga agar tubuh tetap bugar adalah dengan pemeriksaan darah. Ketahui kadar gula dalam darah bisa menjadi deteksi dini terjadinya penyakit diabetes.

Artikel Terkait : Cara Mengenali Gejala Kanker Prostat Pada Pria

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *