Ada Saatnya Anda Harus Berhenti Minum Air Putih, Kapan Waktunya?

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Banyak minum air putih sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Air putih dapat mencegah kita makan secara berlebihan, dapat membakar kalori lebih banyak serta dapat membuat kita terhindar dari dehidrasi.

Namun, tahukah anda jika ada saatnya dimana kita harus stop minum air putih untuk sementara waktu, berikut penjelasannya:

sumber gambar : okezone.com

Ketika Anda Sudah Cukup Minum

Ketika anda membuka kulkas dan melihat botol air minum yang berembun karena dingin,mungkin dapat membuat anda ingin segera meminumnya. Namun jika anda sudah cukup terhidrasi sebaiknya keinginan untuk minum di tunda dulu.

Karena minum yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan, kadar sodium bisa turun jadi rendah sekali atau yang biasa di sebut dengan hiponatremia.

Baca Juga  Inilah 5 Jenis Kanker Yang Sering Menyerang Para Wanita

Selain karena kelebihan minum, penyebab hiponatremia juga berkaitan dengan ginjal,hati dan jantung. Selain itu konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menjadi penyebab hiponatremia,seperti obat-obatan yang bersifat antidepresan,diuretik,serta obat pereda nyeri.
Ketika Urin Berwarna Jernih

Cara yang paling mudah untuk mengetahui bahwa anda sudah cukup minum apa belum yakni dengan cara melihat warna urine anda. Jika warna urine anda jernih itu artinya status hidrasi anda sudah optimal. Dan jika warna urine anda kuning gelap itu tandanya anda harus segara minum air putih lebih banyak lagi.

Baca Juga  Kesalahan Minum Obat Yang Banyak Dilakukan Oleh Orang Indonesia

Baca Juga : Beberapa Penyebab Bau Urin Tak Sedap
Jika Makan Banyak

Salah satu cara yang sering dipakai untuk program penurunan berat badan ialah dengan banyak minum air putih sebelum makan berat. Karena hal ini dapat membuat nafsu makan berkurang.

Namun terlalu banyak minum sebelum makan dapat membuat anda merasa kembung dan tidak nyaman di perut.
Ketika Melakukan Latihan Intens untuk Waktu yang Panjang

Ketika anda melakukan olahraga dan mengeluarkan banyak keringat akibat latihan berat, maka anda harus segera mengganti mineral-mineral penting yang hilang. Tetapi mineral-mineral penting ini tidak ditemukan di dalam air biasa.

Baca Juga  6 Jenis Makanan dan Minuman Yang Bisa Memicu Gigi Menjadi Kuning

Sebaiknya anda minum air kelapa, karena air kelapa mempunyai kandungan alami yang bagus seperti kalium,magnesium,vitamin C, natrium dan banyak serat.

Artikel Terkait : Manfaat Minum Air Putih Setelah Tidur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *