Ada Beberapa Makanan Yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Jika Ingin Hamil

header niko 728 x 90

program kehamilan

InspirasiBersama.com – Apakah anda saat ini sedang melakukan program kehamilan ? Jika benar maka ada baiknya anda membaca artikel ini. Ada beberapa makanan yang perlu dikonsumsi dan dihindari jika ingin hamil. Ini merupakan saran seorang profesor nutrisi dan epidemiologi yang berasal dari Harvard Chan School of Public Health dan co-author buku Fertility diet yang bernama Jorge Chavarro, MD. Berikut sarannya :
Jenis Makanan Yang Dianjurkan:

Gandum utuh: Tahukah kita dengan mengkonsumsi gandum utuh, roti, sereal dan beberapa jenis makanan berkarbohidrat yang memiliki kadar glukosa rendah sangat bagus bagi mereka yang sedang program hamil. Hal ini dikarenakan kadar gula yang normal akan membuat kesuburan kita semakin baik.

Protein nabati: Ternyata konsumsi protein nabati seperti pada kedelai dan beberapa tumbuhan lain sangat bagus bagi wanita yang sedang program hamil. Bahkan menurut Dr. Chavarro mengatakan seorang wanita yang rajin mengkonsumsi jenis protein nabati maka memiliki resiko kecil dalam ovulasi.

Baca Juga  Penyebab Mengunyah Permen Karet Bisa Membuat Perut Kembung

Sayuran berdaun hijau: Mulai sekarang jika anda mau cepat mempunyai anak, maka harus rajin konsumsi sayuran berdaun hijau. Kandungan folat pada sayuran berdaun hijau sangat bagus dalam mengatur menstruasi yang normal.

Kacang-kacangan/biji-bijian: Mengapa kacang-kacangan dan biji-bijian sangat bagus bagi wanita yang sedang program kehamilan ? Hal ini dikarenakan disamping mengandung sumber protein, kacang-kacangan banyak mengandung zat besi yang bisa mencegah kita mengalami infertilitas.
Disarankan mengurangi:

Lemak trans: Jenis makanan pertama yang anda hindari saat melakukan program kehamilan adalah mengkonsumsi jenis makanan baik yang digoreng maupun makanan yang dikemas yang banyak mengandung lemak trans. Hal ini dikarenakan kandungan lemak trans terbukti bisa meningkatkan resiko infertilitas.

Baca Juga  Tips Berjalan Dengan Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

soda:  Jika anda mempunyai kebiasaan minum-minuman yang bersoda, maka sebaiknya segera anda tinggalkan karena bisa meningkatkan resiko infertilitas pada wanita. Bahkan berdasarkan sebuah hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 mengatakan bahwa seorang wanita yang senang mengkonsumsi minuman bersoda akan meningkatkan resiko infertilitas sampai 52 %.

Alkohol: Bagaimanapun konsumsi alkohol kurang bagus bagi kesehatan. Bahkan sebuah hasil studi menyebutkan seorang wanita yang mengkonsumsi alkohol walaupun sedikit akan bisa mengurangi tingkat kesuburan. Menurut para peneliti, minum sedikit maupun banyak alkohol memiliki efek yang sama bisa merusak kesuburan dan kesehatan seseorang. Jika anda mau melakukan program kehamilan, maka sebaiknya menghentikan kebiasaan minum alkohol.

Baca Juga  Benarkah Keseringan Menggunakan Instagram Membuat Payudara Mengecil ?

Daging: Ternyata makan daging setiap hari juga meningkatkan resiko infertilitas. Jenis daging yang dimaksud meliputi daging sapi, ayam, kalkun dll. Bahkan menurut Dr. Chavarro resiko infertilitas jika setiap hari konsumsi daging bisa sampai 32%.

Artikel Terkait : Dampak Minum Alkohol Bagi Wanita Hamil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *