Ada Beberapa Kondisi Yang Membuat Seorang Wanita Beresiko Mengalami Hipertensi

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Dari sebuah hasil riset yang dilakukan oleh Kesehatan Nasional yang dilakukan pada tahun 2013 menyebutkan bahwa angka penderita hipertensi lebih banyak didominasi oleh kaum wanita.

Prosentasenya mencapai 28,8 persen, sedangkan untuk kalangan laki-laki hanya sebesar 22,8 persen. Menurut para pakar kesehatan hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor.

sumber gambar : www.deherba.com

Secara umum tubuh wanita memang memiliki mekanisme tubuh yang lebih fluktuasi sehingga bisa mempengaruhi tekanan darah.

Baca Juga : Sering Mengalami Tekanan Darah Tinggi Bisa Menyebabkan Menurunnya Daya Ingat

Misalnya saat seorang wanita mengalami jumlah estrogen yang menurun yang bisa mempengaruhi tekanan darah. Kondisi ini biasanya terjadi pada wanita yang sudah masuk masa menopause atau tidak mengalami periode mestruasi.

Baca Juga  Kelebihan Kalau Kita Menggunakan Produk Perawatan Kulit Yang Berasal Dari Dokter

Dengan pengaruh tersebut, maka tak heran jika kebanyakan wanita yang mengalami hipertensi berusia lebih dari 50 tahun. Saat tubuh mengalami kekurangan hormon estrogen, maka menyebabkan lapisel endotel mengalami kerusakan.

Kita tahu bahwa ada banyak fungsi yang dilakukan oleh lapisan endotel ini. Jika terjadi suatu kerusakan, maka bisa menyebabkan munculnya sebuah plak pada pembuluh darah yang mengarah ke jantung.

Baca Juga  Sedih Karena Belum Punya Pacar ? Ternyata Ada 10 Keuntungan Tidak Mempunyai Pacar

Dengan resiko terjadinya plak pada pembuluh darah, maka seseorang yang mengalami hipertensi bisa memicu penyakit jantung dan stroke saat usia mencapai menopause.

Ada sebuah kondisi lain yang juga memicu seorang wanita mengalami hipertensi yaitu saat hamil. Ada cukup banyak kasus kehamilan yang disertai dengan munculnya hipertensi. Prosentasenya sekitar 7-9 persen.

Bagi wanita hamil yang terjadi komplikasi berupa tekanan darah yang tinggi dikenal dengan sebutan eklamsia yang bisa memicu kematian pada ibu maupun bayi.

Dengan bahaya yang sangat besar bagi wanita yang mengalami hipertensi, maka para pakar kesehatan menyarankan kepada para wanita untuk menjaga pola makan yang sehat.

Baca Juga  Beberapa Makanan Yang Berfungsi Sebagai Detox Alami Tubuh

Anda bisa melakukan kurangi makanan yang banyak mengandung garam dan yang terakhir adalah jangan lupa untuk rajin berolahraga.

Artikel Terkait : Penyebab Rasa Pusing Pada Penderita Hipertensi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *