Ada 7 Manfaat Mengkonsumsi Labu Kuning Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

Inspirasibersama.com – Kalau kita berbicara tentang labu kuning, maka erat kaitannya dengan peringatan Hallowen yang terkenal. Meskipun demikian bukan berarti kita hanya mengkonsumsinya setahu sekali. Ternyata mengkonsumsi labu kuning mempunyai 7 manfaat bagi kesehatan.

 

Secara umum labu kuning dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang tinggi. Dengan begitu mengkonsumsi buah labu kining mempunyai banyak manfaat kesehatan.

labu-kuning-2

sumber gambar : http://www.sentrashop.com/

Berikut 7 manfaat kesehatan mengkonsumsi buah labu kuning :

1. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat pertama dari buah labu adalah bisa menurunkan berat badan. Hal ini tentu menjadi menu yang baik bagi anda yang sedang dalam program diet. Dengan rasa yang enak seperti halnya ibu jalar membuat makan buah labu menjadi hal yang sangat menyenangkan.

 

Hal ini disebabkan karena buah labu kaya kandungan serat, rendah kalori dan rendah karbohidrat. Dengan begitu saat kita mengkonsumsi buah labu akan memberikan efek kenyang lebih lama.

Baca Juga  Ternyata Sembelit Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal

 

2. Menyehatkan kulit
Manfaat kedua mengkonsumsi buah labu bagi kesehatan adalah menyehatkan kulit. Hal ini disebabkan karena buah labu juga kaya akan kandungan beta karoten yang apabila dikonsumsi akan berubah menjadi vitamin A.

 

Kandungan betakarotin dan karotenoid yang tinggi pada buah labu membuat buah yang satu ini berwarna kuning atau cenderung orange. Selain itu kandungan tersebut juga bisa berfungsi sebagai antioksidan tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat radikal bebas.

 

3. Tinggi antioksidan
Manfaat mengkonsumsi buah labu selanjutnya adalah bisa menjadi pemasok antioksidan yang tinggi bagi tubuh. salah satu bentuk senyawa antioksidan adalah vitamin E yang juga banyak terkandung dalam buah labu kuining. Makan buah labu bisa mencegah kita terhadap munculnya sel kanker dan menekan terjadinya peradangan dalam tubuh.

Baca Juga : Manfaat Konsumsi Buah Naga Bagi Kesehatan

 

4. Memperbaiki suasana hati
Ternyata mengkonsumsi buah labu kuning bisa membuat suasana hati kita lebih bahagia. Hal ini disebabkan karena buah labu kuning juga kaya kandungan magnesium yang dikenal bisa meringankan kondisi depresi, kecemasan dan meningkatkan suasana hati seseorang yang mengkonsumsinya.

Baca Juga  Tips Mencegah Anak Agar Tidak Ketagihan Junk Food

 

5. Sehatkan mata
Dengan kandungan beta karoten yang tinggi pada labu kuning membuat mengkonsumsinya sangat bagus bagi kesehatan mata. Sering makan buah labu kuning bisa mencegah terjadinya penurunan fungsi retina mata.

 

Retina mempunyai peranan yang sangat penting bagi organ mata. Gangguan pada retina mata bisa menyebabkan seseorang mengalami kebutaan. Dengan sering mengkonsumsi buah labu kuning bisa menghindarkan gangguan pada retina.

 

6. Sehatkan jantung
Manfaat yang ke enam mengkonsumsi buah labu kuning adalah menyehatkan jantung. Hal ini disebabkan karena buah labu kuning kaya akan kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Antioksidan bisa melindungi banyak organ termasuk jantung. Selain itu serat yang tinggi bisa menurunkan kadar kolesterol yang kerap menjadi pemicu gangguan jantung.

 

Baca Juga  Beberapa Masalah Kesehatan Yang Disebabkan Karena Konsumsi Kedelai Secara Berlebih

Saat seseorang sering mengkonsumsi buah labu kuning, maka akan bisa menjaga tekanan darah tetap stabil, menurunkan kadar kolesterol jahat dan mengurangi resiko terjadinya gangguan jantung.

 

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Manfaat terakhir mengkonsumsi buah labu bagi kesehatan adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Yang menyebabkan hal ini bisa terjadi adalah karena labu kuning mengandung vitamin A dan C.

 

Bagi anda yang sedang flu, batuk dan pilek sangat baik jika mengkonsumsi buah labu yang bisa meningkatkan kembali sistem kekebalan tubuh. Kita tahu bahwa penyakit flu sangat erat kaitannya dengan penurunan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Manfaat Konsumsi Buah Pir Setiap Hari

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *