Ada 7 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan

header niko 728 x 90

manfaat donor darah

InspirasiBersama.com –Disamping menjadi kegiatan sosial yang bermanfaat bagi orang lain, donor darah ternyata memiliki 7 manfaat kesehatan bagi pendonor sendiri. Tingginya manfaat melakukan donor darah membuat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mendorong banyak orang untuk sering melakukan donor draah. Setetes darah yang kita donorkan sangat berarti bagi saudara kita yang membutuhkan.

Berikut 7 manfaat melakukan donor darah bagi kesehatan :

1. Membantu menurunkan risiko kanker
Banyak orang yang belum tahu kalau sering donor darah bisa menurunkan resiko kanker. Hal ini disebabkan karena kadar zat besi yang terlalu tinggi bisa memicu kanker. Dengan melakukan donor darah, maka kita bisa mengurangi kadar zat besi dalam tubuh kita.

Baca Juga : Manfaat Kesehatan dibalik Rasanya Yang Pedas

2. Menurunkan risiko kerusakan hati dan pankreas
Manfaat donor darah yang kedua adalah menurunkan resiko kerusakan hati dan pankreas. Kerusakan hati dan pakreas bisa disebabkan karena tingginya kadar zat besi dalam tubuh kita. Kurangi zat besi dalam tubuh kita dengan sering melakukan donor darah.

Baca Juga  Solusi Lain Membunuh Bakteri Gonore Dengan Obat Kumur

3. Menurunkan risiko penyakit jantung
Bukan hanya menurunkan resiko kanker, kerusakan hati dan pankreas saja, sering melakukan donor darah juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung kita dengan berkurangnya kadar zat besi dalam tubuh kita. Masalah jantung yang sering dialami jika kelebihan zat besi adalah adanya gangguan irama pada jantung.

4. Menurunkan berat badan
Tidak ketinggalan pula berat badan turun juga bisa disebabkan karena sering melakukan donor darah. Jadi bagi anda yang ingin menurunkan berat badan tapi tidak mau merasa lapar, maka sering melakukan donor darah bisa menjadi alternatif yang tepat untuk membuat berat badan kita ideal.

Baca Juga  Cara Baru Menyembuhkan Batu Ginjal Tanpa Operasi

5. Melancarkan aliran darah
Seseorang yang sering melakukan donor darah ternyata memiliki sirkulasi darah lebih bagus dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah melakukan donor darah. Sirkulasi darah yang lancar sangat bagus bagi kesehatan jantung dan mencegah berbagai macam penyakit.

6. Merangsang produksi sel darah baru
Dengan mengurangi jumlah darah dengan melakukan donor, maka secara otomatis tubuh kita akan memproduksi sel darah merah baru. Hal ini sangat bagus bagi kesehatan kita.

Baca Juga  Dampak Jarang Mengganti Popok Bayi

7. Manfaat psikologis
Manfaat donor darah yang ke tujuh adalah berdampak baik pada psikologis seseorang.  Seperti halnya kalau kita bersedekah, maka akan muncul rasa bahagia karena bisa berbagi dengan sesama. Begitu juga kalau kita donor darah, kita bisa memberikan sumbangan darah bagi mereka yang membutuhkan.

Sumber : Kompas.com

Artikel Terkait : Air Putih Menjadi Sangat Penting Bagi Pendonor Darah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *