Ada 3 Jenis Kebiasaan Yang Bisa Membuat Metabolisme Tubuh Kita Melambat

header niko 728 x 90

InspirasiBersama.com – Kita tahu bahwa melambatnya metabolisme dalam tubuh manusia erat kaitannya dengan peningkatan berat badan dan obesitas. Hal ini disebabkan karena saat terjadi perlambatan metabolisme, maka akan membuat banyak penumpukan kalori dalam tubuh.

Sudah pada tahu belum apa yang dinamakan metabolisme ? Metabolisme adalah sebuah sistem pembakaran dimana kalori yang masuk dalam tubuh akan dirubah menjadi sebuah energi dengan melibatkan banyak organ tubuh.  Ada banyak faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya suatu metabolisme tubuh pada seseorang.

melewatkan-sarapan-pagi

sumber gambar : obrolansehat.com

sistem metabolisme dalam tubuh manusia mempunyai peranan yang sangat penting bagi kesehatan. Bahkan banyak ahli yang yang mengkaitkan metabolisme tubuh dengan beberapa penyakit berbahaya.

Berikut ada 3 jenis kebiasaan yang bisa memperlambat metabolisme dalam tubuh kita :
Melewatkan sarapan

Penyebab pertama melambatnya sistem metabolisme atau pembakaran dalam tubuh manusia adalah disebabkan karena kebiasaan melewatkan sarapan pada pagi hari. Banyak sekali orang yang melewatkan sarapan dengan banyak alasan mulai dari tidak sempat karena harus berangkat kerja pagi dan mengurus anak sekolah dll. Apapun alasan kita, melewatkan sarapan pada pagi hari bisa menyebabkan metabolisme dalam tubuh kita menjadi lambat.

Baca Juga  Manfaat Rutin Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Oleh karena itu para ahli sangat menyarankan kepada kita untuk selalu melakukan sarapan pada pagi hari. Ini bukan berarti menu sarapan apa saja sudah bisa membuat metabolisme tubuh kita meningkat, ada jenis makanan yang justru kita konsumsi bisa memperlambat metabolisme yaitu gula dan olahan dari karbohidrat. Sebaiknya pada pagi hari melakukan sarapan dengan menu tinggi protein dan serat.

Baca Juga : Manfaat Sarapan Pagi Juga Bisa Mencegah Stroke
Konsumsi karbohidrat olahan

Kebiasaan kedua yang membuat metabolisme dalam tubuh kita melambat adalah karena kita suka mengkonsumsi karbohidrat olahan. Jenis karbohidrat yang berasal dari olahan seperti tepung terigu justru akan membuat banyak penumpukan kalori dalam tubuh kita. Hal ini berbeda dengan sumber karbohidrat alami yang berasal dari aneka biji-bijian, buah dan sayuran.

Baca Juga  Beberapa Gejala Penyakit Sinusitis Yang Perlu diketahui

Yang terjadi saat kita mengkonsumsi jenis karbohidrat olahan adalah akan cepat membuat rasa lapar. Dengan kondisi seperti ini akan memicu kita untuk banyak makan yang bisa meningkatkan berat badan kita.
Mengonsumsi fruktosa tinggi

Jenis kebiasaan ketiga yang banyak orang tak sadar kalau bisa memperlambat metabolisme tubuh adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung fruktosa yang tinggi. Adapun jenis makanan tersebut adalah minuman bersoda, es krim, aneka makanan ringan atau bahkan kerupuk yang tidak kita duga.

Saat kita mengkonsumsi makanan instan, maka akan ada banyak kandungan gula olahan yang sulit kita deteksi. Hal ini disebabkan karena dalam kemasan tidak akan mencantumkan secara jelas tentang pemanis, namun dengan istilah tertentu yang membuat banyak orang tidak tahu seperti sirup jagung atau HFCS.

Baca Juga  Pentingnya Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bisa Mencegah Anak Nikah di Bawah Umur

Apabila ternyata kita sering mengkonsumsi jenis makanan yang banyak mengandung pemanis buatan, maka menurut para pakar dalam jangka panjang akan menyebabkan banyak penumpukan lemak dalam tubuh.

Kalau sudah banyak tumpukan lemak dalam tubuh, maka kita akan beresiko mengalami peningkatan berat badan atau bahkan obesitas yang akan memicu beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung, hipertensi dan stroke.

Artikel Terkait : Beberapa Jenis Karbohidrat Yang Menyehatkan Tubuh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *